Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisKajian IPM 2013 Jadi Landasan Perencanaan Pembangunan Pemkab Ciamis

Kajian IPM 2013 Jadi Landasan Perencanaan Pembangunan Pemkab Ciamis

Ilustrasi IPM. Foto: Ist/Net

pm ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Kusdiana, MM., kajian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2013 yang dipublikasikan pada tahun 2014 ini, menjadi bahan penelitian lanjutan dan landasan perencanaan pembangunan Kabupaten Ciamis pada tahun mendatang.

Saat ditemui HR, belum lama ini, Kusdiana, menuturkan bahwa publikasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2013 tersebut merupakan hasil kerjasama antara Bappeda dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis.

Menurut Kusdiana, publikasi tersebut isinya menggambarkan tentang kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis yang direfleksikan dalam ukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai ukuran kemajuan pembangunan manusia.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) itupun sekaligus merupakan ukuran kemajuan tiga sektor pembangunan pendukung utama, yaitu bidang pendidikan dengan indeks pendidikan, bidang kesehatan dengan indeks kesehatan dan bidang ekonomi dengan indeks standar hidup layak/ daya beli masyarakat.

Lebih khusus lagi, kata Kusdiana, publikasi IPM tersebut disertai dengan kajian hubungan atau korelasi antara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan capaian IPM serta hubungan antara APBD sektor pendukung utama dengan capaian indeksnya.

Pada kesempatan yang sama, Kusdiana juga mengaku sangat mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam publikasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tahun 2013 tersebut. (Deni/Koran-HR)