Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita BanjarKasat. Lantas Polresta Banjar; Parkir Liar di Kawasan Tertib Lalin Akan Ditindak

Kasat. Lantas Polresta Banjar; Parkir Liar di Kawasan Tertib Lalin Akan Ditindak

Jalan perempatan Klenteng, Kota Banjar, merupakan salah satu kawasan tertib lalu-lintas. Photo: Eva Latifah/HR.

JLN KLENTENG KOTA BANJAR

 

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Guna menciptakan ketertiban, kenyamanan, keamanan dalam berlalu-lintas, Satlantas Polresta Banjar, akan menertibakan sejumlah parkir liar di kawasan tertib lalu-lintas yang ada di wilayah Kota Banjar.

Sebelumnya, penertiban tersebut dilakukan Satlantas bersama petugas gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP Kota Banjar di kawasan tertib lalu-lintas Jl. Letjen. Soewarto.

Hal itu dikatakan Kasat. Lantas Polresta Banjar, AKP. Taryadi, saat ditemui HR, Senin (12/01/2015), di Kantor Unit Laka Lantas Polresta Banjar, Jl. Raya Batulawang. Bahkan, pihaknya akan menindak tegas bagi para pengguna kendaraan maupun petugas parkir yang tidak mamatuhi rambu larangan parkir.

“Semua parkir liar di kawasan tertib lalu-lintas akan kami tertibkan, dan pelanggarnya akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku. Penertiban akan kami lakukan dengan pihak-pihak terkait, diantaranya Satpol PP apa fungsinya, tugasnya apa. Kemudian, Dishub, tugasnya apa, fungsinya, dan Polisi fungsinya apa, tugasnya apa,” kata Taryadi.

Dengan demikian, maka akan tercipta sinergitas keterikatan dalam pelaksanaan tugas. Artinya, Dishub yang memasang dan menetapkan aturan rambu lalin, Satpol PP menertibkan pedagang kaki lima (PKL), dimana instansi ini sebagai penegakan Perda Kota Banjar.

Menurutnya, kemungkinan salah satu penyebab terjadinya parkir liar di sejumlah titik keramaian adalah adanya PKL yang menempati lapak di sekitar rambu larangan parkir. Sehingga, para pengguna kendaraan pun tidak mengindahkan larangan tersebut.

“Adanya pelanggaran ini mungkin karena pedagang kaki lima. Kenapa PKL di lokasi itu bisa saja parkir, sementara si pengguna jalan tidak boleh. Akhirnya ya pengguna jalan juga memarkir kendaraan di situ, meski pun tahu rambu di tempat itu dilarangan parkir, tapi tidak mengindahkan. Nah, masalah ini yang berkompetennya adalah Satpol PP,” jelasnya.

Setelah melihat banyaknya pelanggaran, tindakan selanjutnya pihak Satlantas bersama kedua instansi tersebut melakukan koordinasi untuk serempak menggelar razia penertiban sekaligus penindakan terhadap pelanggar aturan.

Dia menambahkan, penertiban akan dilakukan secara berjenjang. Saat ini, sebagian petugas melakukan pemantauan ke pengawasan, dan sebagaian lagi ke jalur atau ruas jalan kawasan tertib lalin lainnya yang ada larangan parkir.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini Banjar bebas dari pelanggar, kemudian tidak ada komplen dan harus tahu bahwa di sejumlah titik itu ada rambu larangan parkir. Bagi pelanggarnya harus diberi sanksi tegas, karena tidak mentaati rambu lalin berarti melanggar aturan lalin,” tegas Taryadi. (Eva/Koran-HR)