Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisKuasa Hukum: Penyerahan Uang Terdakwa ke Kejari Ciamis Sifatnya Masih Titipan

Kuasa Hukum: Penyerahan Uang Terdakwa ke Kejari Ciamis Sifatnya Masih Titipan

Ilustrasi kasus korupsi. Foto: Ist/Net

Kuasa Hukum Penyerahan Uang Terdakwa ke Kejari Ciamis Sifatnya Masih Titipan

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kuasa hukum salah satu terdakwa kasus korupsi proyek pembangunan Taman Lokasana Ciamis, berinisial YU, Ahmad Holid, SH, menegaskan, klainnya menyerahkan uang ke Kejaksaan Negeri Ciamis (Kejari) belum resmi pengembalian, tetapi sifatnya masih uang titipan. Pasalnya, kasus yang menjerat klainnya belum memiliki kekuatan hukum tetap dan persidangannya pun hingga saat ini masih berjalan.

“Artinya, jika klain kami tidak terbukti bersalah, maka uang yang dititipkan ke kejaksaan itu akan diambil kembali,” ujarnya, Kamis (22/01/2015). [Baca juga: 3 Terdakwa Kasus Korupsi Lokasana Ciamis Kembalikan Rp. 726 Juta ke Negara]

Menurut Ahmad, sumber uang tersebut berasal dari 3 keluarga terdakwa yang dikumpulkan secara patungan dengan pembagian dibagi rata. “Sementara bagi 2 terdakwa lagi yang belum menitipkan uang, saya tidak tahu,” katanya.

Ahmad berharap klainnya bisa divonis bebas pada persidangan akhir kasus tersebut. Jika dinyatakan bersalah pun, lanjut dia, bisa diberi keringanan hukuman, karena sudah beritikad baik bersedia mengembalikan kerugian negara.

“Kalau harapan kami sebagai kuasa hukum tentunya dibebaskan dari segala tuduhan. Tapi setidaknya dengan adanya penitipan uang ini bisa meringankan hukuman klain kami. Karena upaya ini dilakukan dari hasil sharing dengan pihak pengadilan saat persidangan kasus ini,” ujarnya. (Her/R2/HR-Online)