Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita CiamisMeski Harga BBM Naik, UMK Ciamis Masih Bertahan di Angka Rp. 1.131.000,-

Meski Harga BBM Naik, UMK Ciamis Masih Bertahan di Angka Rp. 1.131.000,-

Ilustrasi UMK. Foto: Ist/Net

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Meski terjadi kanaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan berimbas terhadap melonjaknya harga kebutuhan pokok, namun besaran UMK (Upah Minimum Kabupaten) Ciamis tidak mengalami kenaikan dan praktis bertahan di angka Rp. 1.131.000.

Hal itu terjadi menyusul sektor industri di Ciamis masih minim, sehingga jumlah pegawai swasta pun relatif masih sedikit. Karenanya, besaran UMK tidak mengalami perubahan seperti yang terjadi di daerah lain pasca terjadinya kenaikan harga BBM.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kabupaten Ciamis, DR. H. Wawan Arifin, mengatakan, perusahaan industri besar yang memiliki karyawan dengan jumlah ribuan belum ada di Ciamis. Saat ini sektor usaha di Ciamis masih di dominasi oleh home industri dengan jumlah karyawan yang tidak terlalu banyak.

“Belum ada perusahaan di Ciamis yang memiliki karyawan lebih dari 500. Hal itu yang mempengaruhi masih bertahannya besaran UMK Ciamis,” katanya, Jum’at (09/01/2015).

Dari catatan pihaknya, lanjut Wawan, perusahaan di Ciamis dengan upah perbulan belum ada yang jumlah karyawannya mencapai 1500 orang. Seperti karyawan di PT Perkebunan Batulawang hanya berjumlah 100 orang, Perusahaan Bulu Mata 300 orang, PT Mulya Asri 100 orang, Yogya Dept Store 100 orang, PT Perkebunan Putra Lestari Abadi 100 orang, Pakakaran 50 orang dan Cimall 50 orang.

Selain itu, lanjut Wawan, perusahaan di Ciamis masih banyak yang menerapkan upah harian. Namun begitu, pihaknya sudah meminta agar pengusaha menghitung upah karyawannya jika dikalkulasi sebulan jumlahnya sesuai dengan UMK. (Heri/R2/HR-Online)