Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita PangandaranObjek Wisata Karangtirta Pangandaran Masih Dibiarkan Terbengkalai

Objek Wisata Karangtirta Pangandaran Masih Dibiarkan Terbengkalai

Obyek Wisata Karangtirta di wilayah Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. Foto: Ist/Net

karangtirta

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Obyek Wisata Karangtirta yang berada di wilayah Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, sampai saat ini masih terkesan kurang mendapat perhatian. Pasalnya, objek wisata tersebut kurang dikelola dengan baik, sehingga tidak memiliki daya tarik untuk dikunjungi.

Kepala Desa Sukaresik, Ikin Asikin, S.Pd, Senin (5/1/2015), mengatakan, pengelolaan Objek Wisata Karangtirta memang masih merupakan tanggungjawab pemerintah Desa Sukaresik. Hanya saja, pihaknya mengaku masih menghadapi sejumlah kendala dalam pengelolaannya.

Ikin mengungkapkan, sebagian tanah yang berada di kawasan Objek Wisata Karangtirta merupakan milik perorangan dan sebagian lagi milik desa. Tanah yang dikuasai perorangan itu awalnya merupakan tanah desa yang kemudian diredis pada tahun 1994.

Tapi, kata Ikin, sejak 21 tahun silam itu, tidak pernah ada konstribusi sama sekali kepada Pemerintah Desa. Dengan demikian wajar, apabila kawasan objek wisata tersebut menimbulkan kesan kurang terawat bahkan cenderung terbengkalai.

“Kami berharap pemerintah daerah memfasilitasi kejelasan pengelolaan atas tanah tersebut. Pemerintah desa perlu mendapat kejelasan soal status tanah yang diredish dan kini menjadi milik perorangan itu,” katanya.

Ikin menandaskan, pihaknya siap menjalin kerjasama dengan pihak ketiga ataupun pemerintah daerah untuk membangun kawasan Objek Wisata Karangtirta, sesuai dengan misi pemekaran Kabupaten Pangandaran sebagai kabupaten pariwisata yang mendunia.

Ketua Karang Taruna Desa Sukaresik, Heri juheri (36), menilai, pengembangan wisata di Kabupaten Pangandaran, khususnya kawasan Objek Wisata Karangtirta perlu mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

Heri mengungkapkan, sebelumnya kawasan Objek Wisata Karangtirta pernah dikenal masyarakat sebagai objek wisata keluarga. Tapi sejauh ini, angka kunjungan ke kawasan itu mengalami penurunan yang cukup drastis.

Pihaknya, kata Heri, siap membantu pengembangan berikut pengelokaan kawasan tersebut. Untuk itu, pihaknya mengajukan dana pengembangan, berupa pembuatan jembatan penyebrangan. Diakui Heri, meski terdapat vila di kawasan itu, namun belum mampu mendongkrak angka kunjungan wisatawan. (Mad/Koran-HR)