Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisPemda Ciamis Diminta Manfaatkan Potensi Mata Air Pegunungan

Pemda Ciamis Diminta Manfaatkan Potensi Mata Air Pegunungan

Toni Ichlas

Toni Ichlas

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Toni Ichlas, tokoh masyarakat Ciamis, belum lama ini, memberikan saran agar pemerintah daerah Ciamis, Jawa Barat, memanfaatkan potensi sumber mata air pegunungan yang tersebar di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Ciamis.

Menurut Toni, pemanfaatan mata air pegunungan itu bisa dilakukan oleh pemerintah daerah dengan menciptakan badan usaha milik daerah (BUMD) yang bergerak di bidang produksi air minum kemasan, mulai kemasan gelas, botol sampai galon.

“Saya kira ini potensi besar yang dimiliki pemerintah. Di wilayah Ciamis sendiri banyak gunung, tentunya disana terdapat mata air yang bisa dijadikan sebagai sumber untuk memproduksi air minum kemasan,” katanya.

Lebih lanjut Toni menilai peluang pemasaran untuk produk ini sangat besar. Diantaranya, perkantoran, dinas atau instansi, sekolah, pemerintahan desa dan lain sebagainya. Menurut dia, pangsa pasar untuk produk yang satu ini dapat menyebar hingga ke pelosok daerah.

“Selain itu, saat ini kebutuhan air kemasan sangat tinggi,” ucapnya.

Toni menambahkan, pembentukan BUMD ini tentunya bisa mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) dan menyerap tenaga kerja. Dia yakin, selain menguntungkan bagi pemerintah, tentunya juga dapat mengurangi angka pengangguran. (Deni/R4/HR-Online)