Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita CiamisPenipuan Marak, Kemenag Ciamis Ingatkan Calon Haji Jangan Pakai Jasa Calo

Penipuan Marak, Kemenag Ciamis Ingatkan Calon Haji Jangan Pakai Jasa Calo

Ilustrasi Haji. Foto: Ist/Net

Penipuan Marak, Kemenag Ciamis Ingatkan Calon Haji Jangan Pakai Jasa Calo

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Seksi Urusan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Ciamis, Asep Lukman, mengingatkan calon jemaah haji agar tidak menggunakan jasa calo untuk mengurusi administrasi haji. Pasalnya, belakangan ini pihaknya sering mendapat pengaduan terkait penipuan dengan modus bisa memperlancar pemberangkatan haji.

Asep menjelaskan, kasus penipuan yang selama ini terjadi, yakni banyak calo yang menawarkan jasa kepada calon haji dengan tawaran bisa memberangkatkan ke tanah suci dengan waktu cepat.

“Calo itu mengaku bisa mengurus jadwal pemberangkatan calon haji ke tanah suci dengan tidak perlu menunggu antrian bertahun-tahun. Calo itu juga menjanjikan kepada calon haji bahwa bisa daftar tahun ini, barangkat tahun ini juga,” katanya, Senin (26/01/2015).

Dengan banyaknya calon haji tertipu, lanjut Asep, membuat pihaknya kena getahnya. Pasalnya, setelah calon jemaah haji merasa tertipu, kemudian komplen ke pihaknya. “Kita yang tidak tahu-tahu apa-apa kena komplen. Makanya, kita menghimbau jangan menggunakan jasa calo,” ujarnya.

Asep mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum mendapat informasi terkait kuota haji untuk Kabupaten Ciamis pada tahun 2015. Dengan begitu, lanjut dia, penetapan calon haji yang akan berangkat tahun ini pun belum ditetapkan. “ Bagaimana bisa menjamin seorang jemaah haji bisa berangkat tahun ini, sementara kuotanya juga belum turun,” ujarnya.

Selain itu, kata Asep, pihaknya pun sempat mendapat komplen dari calon jemaah haji dengan alasan tidak masuk akal. “ Tidak masuk akalnya, dia belum melunasi biaya haji, tetapi ngotot ingin berangkat pada tahun tersebut. Karena janji dari calonya bisa berangkat walau belum lunas. Itu kan jelas tidak masuk akal, masa belum lunas biaya hajinya, sudah ngotot ingin berangkat,” katanya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -