Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarPepaya California Langensari Banjar Akan Diolah Jadi Carica

Pepaya California Langensari Banjar Akan Diolah Jadi Carica

Kemasan Carica atau manisan berbahan buah pepaya yang diproduksi di daerah Wonosobo.Foto: Nanang S/HR. Foto: Nanang S/HR.

Kemasan Carica atau manisan berbahan buah pepaya yang diproduksi di daerah Wonosobo.Foto: Nanang S/HR.
Kemasan Carica atau manisan berbahan buah pepaya yang diproduksi di daerah Wonosobo.Foto: Nanang S/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kepala Seksi Bina Produksi Bidang Perindustrian Disperindagkop Kota Banjar, Ago Wijaya, SE., mengatakan,  selain pelatihan kepada petani pepaya, pihaknya akan memberi bantuan berupa alat produksi makanan olahan pepaya.

Bantuan itu diberikan kepada kelompok usaha pepaya guna mendukung hasil produksi olahannya. Sedangkan, untuk instruktur dalam pelatihan nanti didatangkan dari Wonosobo-Jawa Tengah.

“Sengaja akan kami datangkan dari daerah sana, sebab instruktur tersebut sudah bergelut dalam bisnis olahan pepaya, yakni membuat Carica atau manisan dari pepaya,” ucapnya.

Ago mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya pengembangan industri di wilayah Langensari sebagai penghasil Pepaya California terbesar di Kota Banjar. Dalam pelatihan, para petani akan diajarkan tentang bagaimana mengolah buah pepaya menjadi produk makanan lezat dan bervariasi.

Pihaknya berharap, setelah mendapatkan pelatihan, para petani bisa membuka usaha pembuatan makanan berbahan pepaya, sehingga memperoleh tambahan penghasilan.

Dengan begitu, maka varietas Pepaya California dapat menjanjikan keuntungan. Selain di produksi buahnya, bisa juga dikembangkan menjadi makanan olahan. Karena, selama ini mereka hanya menjual dan mengirim hasil panennya ke Bandung dan Jakarta. (Nanang S/Koran-HR)