Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita BanjarSatpol PP Banjar Harus Berani Tegakan Perda & Perwal Toko Modern

Satpol PP Banjar Harus Berani Tegakan Perda & Perwal Toko Modern

Aktivis mahasiswa Kota Banjar, Wahidan.

wahidan pmii banjar

 

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dengan telah diterbitkannya Perda dan Perwal tentang penataan dan pembinaan pasar tradisional, pusat perbelanjaan dan toko modern, serta pengaturan zonasi, maka Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Banjar yang terkait harus berani tegas menegakan aturan.

Hal itu dikatakan Wahidan, salah seorang aktivis mahasiswa, kepada HR, Senin (12/01/2015), terkait keberadaan mini market illegal di kawasan Rest Area Banjar Atas (BA) yang masih beroperasi.

Menurut dia, Perwal yang telah diterbitkan beberapa waktu lalu ternyata belum efektif. Itu terlihat dari masih adanya minimarket illehal beroperasi di luar ketentuan aturan yang berlaku. Padahal, peraturan yang dibuat sudah seharusnya dijalankan.

“Dalam hal ini Satpol PP terkesan Satpol PP tidak berani, sehingga penegakan aturan tersebut tak kunjung dilakukan. Belum lagi penerapan aturan tentang toko modern, tampaknya masih juga tak terlalu diindahkan oleh para pemilik toko modern di Kota Banjar,” ujarnya.

Wahidan menilai, aturan hukum yang dibuat Pemkot Banjar sudah baik, dengan memperhatikan zonasi, sekaligus keberlangsungan para pedagang kecil tidak dimatikan. Seharusnya, dengan turunnya Perwal, maka Perda sudah dapat dijalankan dan langsung ditegakan penerapannya. Penegakkan Perda berada penuh di tangan Satpol PP.

Pendapat serupa dikatakan Sugeng, salah seorang anggota ormas. Menurut dia, kalau memang aturannya sudah ada, penegakan aturan pun harus dijalankan sebagaimana mestinya. “Satpol PP harus tegas, sesuai dengan Perwal. Jika ada yang melanggar harus ditindak tegas,” tukas Sugeng. (Nanang/Koran-HR)