Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita PangandaranSelesaikan Tugas, Endjang Fokus Fasilitasi Pilkada Pangandaran

Selesaikan Tugas, Endjang Fokus Fasilitasi Pilkada Pangandaran

Penjabat Bupati Pangandaran, DR. Drs. H. Endjang Naffandy, M.Si

Selesaikan Tugas, Endjang Fokus Fasilitasi Pilkada Pangandaran

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Tak terasa, saat ini Pangandaran sudah memasuki tahun kedua setelah resmi berpisah dari kabupaten induk, Kabupaten Ciamis. Sejauh ini, sejumlah agenda dan tugas penting berhasil dilalui oleh Penjabat Bupati Pangandaran. Kini Penjabat Bupati Pangandaran masih memiliki satu tugas penting lainnya terkait pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), yakni mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) perdana yang rencananya akan digelar pada pertengahan tahun 2015.

Penjabat Bupati Pangandaran, DR. Drs. H. Endjang Naffandy, M.Si, ketika ditemui HR belum lama ini, mengamini perihal tersebut. Dia menuturkan, beberapa tugas pokok sebagai Penjabat Bupati di Pangandaran sudah berhasil dilakukan, antaralain, membentuk kelembagaan daerah dan perangkat daerah, serta pengisian pegawai.

Bukan hanya itu, untuk memperlancar dan menunjang agenda pembangunan di Kabupaten Pangandaran, Endjang mengaku sudah menerbitkan sekitar 200 peraturan bupati (perbub) dan 200 surat keputusan (SK). “Selain itu, kami juga sudah menyediakan perkantoran dan mebeler, menyusun RTRW, dan terakhir memfasilitasi pembentukan DPRD,” katanya.

Lebih lanjut, Endjang mengulas perihal pekerjaan yang sudah dilakukannya selama masa tugas Penjabat Bupati Pangandaran. Menurut dia, pembentukan kelembagaan pemerintah daerah berhasil diselesaikan dalam waktu tiga bulan selesai. Kemudian setelah berkordinasi dengan kabupaten induk, pihaknya berhasil menjaring sekitar 3.964 pegawai.

Namun demikian, Endjang meminta maaf kepada masyarakat Pangandaran, karena belum sepenuhnya berhasil memperbaiki kondisi infrastuktur jalan. Dia tidak menyangkal masalah keterbatasan anggaran menjadi kendala dalam merealisasikan aspirasi masyarakat tersebut. Selain itu, kata dia, setelah ditetapkannya Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD), kegiatan pembangunan dilakukan secara bertahap.

Masih demi kemajuan Kabupaten Pangandaran, Endjang juga menegaskan, pihaknya tidak akan berusaha menghalang-halangi apabila ada peraturan bupati (perbup) atau keputusan (SK) bupati yang dipandang perlu untuk direvisi.

Dalam kesempatan yang sama, Endjang mengaku merasa senang karena beban tugas sebagai Penjabat Bupati Pangandaran tinggal satu, yani memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) perdana. Dia juga mengaku akan fokus terhadap penyelesaian tugas tersebut. (Mad/Koran-HR)