Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarTahun Anggaran 2015, Disperindagkop Banjar Diversifikasi Olahan Pepaya

Tahun Anggaran 2015, Disperindagkop Banjar Diversifikasi Olahan Pepaya

Pepaya California hasil perkebunan di Langensari Kota Banjar. Foto: Dok HR-online.

Pepaya California hasil perkebunan di Langensari Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR.
Pepaya California hasil perkebunan di Langensari Kota Banjar. Foto: Dok HR-Online

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Melimpahnya hasil panen buah Pepaya California di Kota Banjar, khususnya di wilayah Langensari, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Banjar, pada tahun 2015 ini merencanakan diversifikasi makanan olahan dari buah tersebut.

Hal itu ditegaskan Kepala Disperindagkop Kota Banjar, Soni Horison, AP, S.Sos., M.Si., melalui Kabid. Perindustrian, Nia Kania Permasih. S.STP., M.Si., saat memantau stand Disperindagkop di lokasi Banjar Kreatif Festival (BKF), kepada HR, Selasa (20/01/2015).

“Kami akan upayakan dengan merencanakan pemberdayaan masyarakat atau petani buah Pepaya California, sehingga produksi buah bisa dikembangkan menjadi makanan olahan,” ujar Nia.

Pihaknya melihat, melimpahnya buah pepaya di Langensari dikarenakan tanaman tersebut bukan hanya ditanam di atas lahan pertanian saja, namun juga di pekarangan. Terlebih pada masa puncak panen, para petani seringkali kesulitan memasarkan karena produksi yang melimpah. Akibatnya ada yang tidak terserap pasar.

“Kemampuan petani hanya mampu memproduksi buah saja, belum dibarengi kemampuan dalam mengolah hasil buahnya menjadi makanan olahan. Karena itu kami akan merencanakan diversifikasi pada tahun anggaran 2015, yaitu diawali dalam bentuk pemberian pelatihan,” jelasnya. (Nanang S/Koran-HR)