Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Supaya Payudara Menjadi Lebih Baik

Tips Supaya Payudara Menjadi Lebih Baik

Foto : Ilustrasi

Payudara merupakan bagian tubuh terpenting dari wanita. Karena tak dipungkiri payudara yang dimiliki wanita bisa menjadi daya tarik bagi para lelaki. Sehingga tak ayal mayoritas para wanita sering membanggakan payudaranya. Namun apa jadinya jika payudara yang Anda miliki tidak terjaga dan terawat dengan baik. Bisa saja payudara yang sangat Anda banggakan nantinya bermasalah bahkan muncul penyakit.

Untuk itu, berikut ini tips untuk membantu menjaga payudara Anda menjadi lebih baik, sehat dan tentunya menarik.

# Makanan yang sehat
Mengkonsumsi makanan tertentu bisa meminimalisir Anda terkena kanker payudara, semacam buah-buahan dan sayur-sayuran yang berwarna kuning. Karena buah dan sayuran tersebut terdapat kandungan antioksidan beta-karoten, yang dapat menurunkan risiko kanker payudara.

# Bra dengan ukuran yang tepat

Survei memperkirakan 70% wanita memakai bra dengan ukuran yang salah. Hal tersebut tidak hanya dapat menyebabkan masalah kesehatan iritasi kulit, bentuk payudara yang buruk, dan kesulitan bernafas, tetapi juga dapat merusak ligamen payudara yang akan mengakibatkan payudara Anda menjadi nyeri dan kendur.

Payudara Andapun dapat berubah ukurannya, disebabkan berat badan yang berubah dan hamil. Oleh karena itu, alangkah baiknya Anda mengukur payudara dengan benar dan kontinyu.

# Rutinkan berolahraga
Berolahraga empat jam selama seminggu dapat mengurangi kadar estrogen serta meminimalisir penyakit kanker payudara. Selain itu, dengan Anda berolahraga, payudara Anda pun akan menjadi menarik dan seksi.  

# Memeriksa payudara secara kontinyu
Menurut survei Breakthrough Breast Cancer, hanya 35% dari wanita secara teratur memeriksa payudara mereka untuk mendeteksi kanker. Oleh karena itu, wanita disarankan untuk mengenal payudara mereka dengan memeriksa setiap bulan guna mencari perubahan dalam ukuran, bentuk dan tekstur kulit, serta memeriksa debit, ruam atau benjolan.

# Stop merokok
Para peneliti Departemen Pelayanan Kesehatan di California mengungkapkan bahwa sebanyak 30% lebih wanita akan terjangkit kanker jika merokok. Pasalnya, rokok bagi wanita merupakan penyebab utama dari penyakit kanker payudara. Untuk itu, berhenti merokok sekarang juga jika Anda tidak ingin terkena kanker payudara.

# Oleskan tabir surya

Sering kali wanita meremehkan manfaat tabir surya. Padahal, manfaat tabir surya sangat penting bagi wanita, yaitu untuk membantu melindungi kulit di daerah payudara Anda dari sengatan matahari. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk mengurangi penuaan dini pada kulit. Manfaat lain dari tabir surya, melindungi kulit Anda dari keriput, kulit pun menjadi halus serta kencang. Untuk itu, oleskan tabir surya setelah mandi dan saat sinar matahari mengenai kulit Anda.

# Kenakan bra olahraga
Saat wanita melakukan olahraga, payudara ikut bergerak mengikuti aktivitas tubuh. Nah apabila payudara Anda tanpa dukungan dari bra terutama bagi wanita yang berpayudara lebih besar, dapat menyebabkan rasa sakit, tidak nyaman, dan ligamen rusak yang bisa berakibat payudara mengendur. Selama Anda berolahraga, pastikan Anda memakai bra olahraga yang sesuai atau tepat dengan ukuran payudara serta kuat dibandingkan bra yang digunakan sehari-hari. (R5/HR-Online)