Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita CiamisWuih! Mulai 2015, Gaji Kepala Desa di Ciamis Rp. 2,5 Juta per...

Wuih! Mulai 2015, Gaji Kepala Desa di Ciamis Rp. 2,5 Juta per Bulan

Ilustrasi Dana Desa. Foto: Ist/Net

kades

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai tahun 2015 ini menaikkan kesejahteraan para perangkat desa. Peningkatan kesejahteraan perangkat desa itu tidak lain dilakukan dalam rangka mengimplementasikan amanat Undang-undang Desa No 6 tahun 2014.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, ketika ditemui HR, Senin (12/01/2015), membenarkan peningkatan kesejahteraan bagi perangkat desa tersebut. Menurut dia, peningkatan kesejahteraan itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap kinerja perangkat desa dalam menjalankan roda pemerintahan.

Dalam kesempatan itu, Iing juga menyebutkan besaran kesejahteraan yang akan diberikan kepada perangkat desa. Menurut dia, Kepala Desa akan menerima sebesar Rp 2,5 juta Sekretaris Desa sebesar Rp 1.75 perangkat desa Rp. 1,35 juta dan kepala dusun Rp. 1,3 juta.

“Ketua RT dan RW juga kesejahteraannya akan dinaikkan,” katanya.

Di tempat terpisah, Kabid Pemdes, Asep Sutisna, Drs. M.Si, mengaku optimis peningkatan kesejateraan perangkat desa tersebut akan memicu kinerja para perangkat desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa.

“Kami yakin, setelah kesejahteraan mereka (perangkat desa) meningkat, mereka akan bekerja lebih baik lagi dalam menjalankan program-program yang digulirkan oleh pemerintah,” katanya.

Menurut Iing, pada konsep awal, gaji kepala desa direncanakan sebesar Rp. 2,25 juta perbulan. Namun, setelah dihitung kembali, ternyata memungkinkan untuk ditambah menjadi Rp. 2,5 juta per bulan. “ Gaji kepala dan perangkat desa akan diberikan pada setiap bulan layaknya PNS. Namun, dengan catatan PBB harus lunas tepat waktu,” ujarnya. (Deni/Koran-HR)