Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariBatu Akik Banjarsari Ciamis Dikenal, Pedagang dari Luar Daerah Berdatangan

Batu Akik Banjarsari Ciamis Dikenal, Pedagang dari Luar Daerah Berdatangan

Pedagang batu akik asal Garut saat menajajakan dagangannya di Alun-alun Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Foto: Entang SR/HR

IMG03271-20150219-1505

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah batu akik yang berasal dari Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, digandrungi penggemar batu ali, membuat pengrajin pengolahan batu ali menjamur di daerah tersebut. Bahkan, penjual batu akik dari luar daerah pun berdatangan ke Banjarsari untuk sekedar mengadu keberuntungan menjual barang dagangannya.

Menurut Edi Cakra, salah seorang pengrajin batu akik di Banjarsari, saat ini keberadaan batu permata atau batu akik asal Kawasan banyak dicari penggemar batu ali dari berbagai daerah. Bahkan, order dari pemesan, dalam setiap harinya terus meningkat.

“Namun, bagus dan tidaknya batu akik, tergantung dari bahan bakunya. Jika bahannya berkualitas, hasilnya pun pasti memuaskan,” katanya, kepada HR, Jum’at (20/02/2015).

Menurut Edi, setelah daerah Banjarsari dikenal batu akiknya, kini membuat para pedagang batu akik dari luar daerah pun berdatangan ke Banjarsari, untuk sekedar menawarkan batu akik dari daerah lain.

“Mungkin karena banyak penggemar batu ali berdatangan ke Banjarsari, membuat pedagang dari luar ingin mengenalkan barangnya ke pencinta batu ali,” ujarnya.

Ditemui terpisah, Deni, seorang penjual batu akik dari Garut, saat ditemui di Alun-alun Banjarsari, Jum’at (20/02/2015), mengatakan, dirinya mendengar banyak pengemar batu ali berdatangan ke Banjarsari untuk mencari batu akik asal Kawasen. Dia mengaku mencoba mengadu keberuntungan barang kali ada penggemar batu ali yang tertarik untuk mengoleksi batu akik yang dibawanya.

“Saya membawa batu seperti opal yang dijual seharga Rp. 100 ribu per lempeng dan ada juga batu bacan dari Maluku per satu kilonya mencapai Rp. 7 juta,” katanya. (Ntang/R2/HR-Online)

- Advertisment -