Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita BanjarBPJS Kesehatan Banjar; Pemkot Anggarkan 1 Milyar Bagi Peserta Gakin

BPJS Kesehatan Banjar; Pemkot Anggarkan 1 Milyar Bagi Peserta Gakin

Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR.

Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR.
Kantor Pelayanan BPJS Kesehatan Kota Banjar. Foto: Nanang S/HR.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemkot Banjar telah menganggarkan pembayaran premi Penerima Bantuan Iuran (PBI) sebesar Rp. 1 Milyar berasal dari APBD 2015, bagi perserta Jamkesda sebanyak 4.334 warga miskin (Gakin).

“Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Banjar, sebenarnya Gakin yang ditanggung pemerintah, selain peserta Jamkesda juga bagi program Banjar Sehat, Jamsostek dan Askes,” jelas Dadang Sulaeman, Ka.Unit Pemasaran BPJS Kesehatan Kota Banjar, kepada HR online, Jumat, (13/02/2015).

Jumlah keseluruhan yang dibiayai dari APBD Kota Banjar 2015, menurut Dadang, sekitar 100 ribu gakin, yang berasal dari pendanaan baik pusat, provinsi maupun daerah. Sementara anggaran 1 milyar berasal dari Pemprov Jabar, bagi 4.334 Gakin peserta Jamkesda.

Untuk mendukung mendukung program JKN, Pemkot Banjar menyediakan berbagai fasilitas kesehatan seperti, Puskesmas dan Puskesema Pembantu (Pustu), serta sejumlah klinik.

Sementara untuk fasilitas kesehatan tingkat lanjutan, telah disediakan dua rumah sakit yaitu RSUD Banjar dan RSU Banjar Patroman.

“Kedua rumah sakit telah membuat perjanjian kerjasama dengan kami, dan telah berjalan memberikan pelayanan kepada peserta JKN,” ucap Dadang.

Pelayanan kesehatan yang diterima peserta BPJS Gakin, berupa fasilitas kelas III, diantaranya rawat jalan, pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi dokter spesialis, serta pelayanan obat dan lainnya. (Nanang S/R1/HR-Online)

- Advertisment -