Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariDi Ciamis, Abrasi Sungai Cikawasen Ancam Rumah Warga di Tiga Dusun

Di Ciamis, Abrasi Sungai Cikawasen Ancam Rumah Warga di Tiga Dusun

Keberadaan Sungai Cikawasen di wilayah Desa Ratawangi, Kec. Banjarsari, Kabupaten Ciamis, kini kondisinya semakin melebar. Photo: Entang Saeful Rachman/HR.

P6300318

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Daerah aliran Sungai Cikawasen yang melintasi Desa Ratawangi serta pemukiman warga, dari hari ke hari kondisinya semakin melebar. Hal itu dikatakan Sekertaris Desa (Sekdes) Ratawangi, Kec. Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Muhamad Sururudin, kepada HR Online, Jum’at (13/02/2015).

“Sungai Cikawasen saat ini semakin melebar, terlebih lagi pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Akibat sungai mengalami abrasi, rumah milik warga yang berada di tiga dusun jadi terancam,” ujarnya.

Selain itu, kata Muhamad, dampak dari terjadinya abrasi juga berimbas terhadap menyempitnya akses jalan dusun yang ada di sekitar aliran sungai.

Muhamad mengaku, di awal tahun 2014, pihaknya sudah menyampaikan permasalahan tersebut kepada pihak Pemkab Ciamis maupun ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kota Banjar, sekaligus mengajukan untuk pembangunan bronjong. Namun, hingga saat ini belum juga ada tanggapan dari kedua belah pihak tersebut. (Ntang/R3/HR-Online)

- Advertisment -