Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisGenset di Pabrik Tepung Aren Ciamis Dibakar Orang Tak Dikenal, Ini Kata...

Genset di Pabrik Tepung Aren Ciamis Dibakar Orang Tak Dikenal, Ini Kata Polisi

Genset yang berada di Pabrik Tepung Aren di Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, dibakar oleh orang tak dikenal, Minggu (22/02/2015) dini hari. Foto: Heri Herdianto/HR

Polemik Meruncing, Genset Pabrik Tepung Aren di Ciamis Dibakar Orang Tak Dikenal

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah terjadi aksi pembakaran di lokasi Pabrik Tepung Aren yang berada di perbatasan Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing dengan Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, yang diduga dilakukan oleh orang tak dikenal, Minggu (22/02/2015) dini hari, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan guna mencari motif dan penyebab peristiwa tersebut.

Meski dugaan sementara genset yang berada di Pabrik Tepung Aren itu dibakar oleh orang tak dikenal, namun polisi belum bisa memastikan penyebabnya sebelum tahap penyelidikan selesai. [Baca juga: Polemik Meruncing, Genset Pabrik Tepung Aren di Ciamis Dibakar Orang Tak Dikenal]

Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Eris Yadi, mengatakan, selama proses penyelidikan belum selesai, pihaknya belum bisa menyebutkan penyebab terbakarnya genset tersebut.

“Meski kata orang ada yang membakar, tetapi kami belum bisa bilang begitu. Karena proses penyelidikannya masih berjalan. Kita tidak bisa berspekulasi sebelum proses penyelidikan selesai,” ujarnya, saat dihubungi Minggu (22/02/2015).

Dihubungi terpisah, Kapolsek Cijeungjing AKP Ipin Tasripin, mengatakan, lokasi Pabrik Tepung Aren tersebut berada di perbatasan Desa Kertaharja, Kecamatan Cijeungjing dengan Desa Petirhilir, Kecamatan Barebeg.

“Hanya, lokasi pabriknya berada di Dusun Pasirkadu Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg. Dengan begitu, penanganan kasus itu dilakukan oleh Polsek Ciamis. Karena Kecamatan Berebeg masuk ke dalam wilayah hukum Polsek Ciamis,” ujarnya.

Namun, lanjut Ipin, dampak limbah dari pabrik tersebut mengalir ke Desa Kertaharja. “Makanya, polemik limbah tepung aren ini terjadi dengan warga Desa Kertaharja. Karena mereka terkena dampak dari limbah tersebut,” ujarnya.

Ipun pun memaklumi apabila kasus pembakaran genset di Pabrik Tepung Aren itu dikait-kaitkan dengan warga Desa Kertaharja yang selama ini melakukan protes terhadap limbah dari pabrik tersebut. “ Tapi, itu baru sebatas dugaan saja. Yang pasti, kita tunggu hasil pemeriksaan polisi seperti apa. Kita tidak boleh menuduh sebelum ada bukti hukum yang kuat, “ ungkapnya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -