Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita CiamisIni Spesifikasi Perangkat Komputer untuk UN Model CBT

Ini Spesifikasi Perangkat Komputer untuk UN Model CBT

Ilustrasi. Foto: Ist/net

Ini Spesifikasi Perangkat Komputer untuk UN Model CBN

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sekolah piloting pelaksana UN model CBT harus dapat menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi yang ditentukan Kemendikbud. Spesifikasi komputer server yang disyaratkan meliputi PC atau komputer dekstop non laptop, processor harus Xeon atau I.5, Ram PC harus 4 GB, Hardisk minimal 250 GB, serta operasional sistem harus Windows 7.

Kemudian, spesifikasi untuk komputer client yaitu processor minimal harus intel Pentium 4, RAM sebesar 512 MB, operasional sistem minimal Windows Xp, serta web browser harus chrome atau mozzila firefox maupun xambro. Persyaratan yang lain, yaitu jaringan internet dengan bandwith minimal 1 MB persecond (Mbps), serta jaringan area lokal (Local Area Network-LAN) 1 server maksimal untuk 25 client. [Baca juga: Tiga SMK di Ciamis Terapkan UN Berbasis Komputer]

Menanggapi hal itu, Kepala SMKN 2 Ciamis, Asep Agus, menyatakan kesiapannya dengan penerapan CBT pada UN tahun 2015 nanti. Sebab, pihaknya sudah memiliki sarana dan prasarana, meski dia belum mengetahui secara pasti Juklak dan Juknis pelaksanaan UN CBT tersebut.

“SMKN 2 Ciamis memiliki sekitar 100 unit komputer yang disiapakan untuk CBT. Jadi dalam satu pelajaran akan ada sekitar tiga gelombang, jadi satu komputer dipakai tiga siswa dengan soal yang berbeda. Kemudian juga internet kami 50 Mbps,” tuturnya, kepada Koran HR, pekan lalu. (DSW/Koran-HR)

- Advertisment -