Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisJalan Poros Cikoneng-Sadananya Ciamis Rusak Parah

Jalan Poros Cikoneng-Sadananya Ciamis Rusak Parah

Sebuah kendaraan tengah memilah jalur tanjakan Kalapanunggal di ruas Jalan Cikoneng-Sadananya yang kondisinya rusak parah. Photo : Deni Supendi/ HR

SONY DSC

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ruas jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Cikoneng dan Kecamatan Sadananya, tepatnya, di Dusun Kalapanunggal, Desa Sindangsari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, kondisinya rusak parah. Para pengguna jalan merasa kesulitan melewati jalan rusak itu, lantaran posisinya menurun dan menanjak.

Toni, pengendara motor, ketika ditemui HR, Selasa (03/02/2015), mengaku merasa kurang nyaman saat melintasi ruas jalan Cikoneng-Sadananya yang rusak itu. Menurut dia, dari arah Sadananya, dia terpaksa harus memacu gas kendaraannya karena posisi jalan menanjak.

“Selain menanjak, kondisi jalan sangat rusak, sehingga saya harus ekstra hati-hati ketika melintasinya. Kalau tidak begitu, saya pasti bakal terjatuh,” katanya.

Pendapat serupa disampaikan Nana, sopir angkutan. Dia menuturkan, kerusakan jalan yang terbilang cukup parah itu membuat kendaraan yang melintasinya pasti harus buru-buru pergi ke bengkel.

“Kalau jalan rusak seperti itu pastinya membuat onderdil yang berhubungan dengan kemudi dan roda mengalami kerusakan. Pastinya pemilik kendaraan seperti saya terpaksa harus jajan ke bengkel,” ucapnya.

Amat, warga yang tinggal tidak jauh dari lokasi, mengaku, kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Cikoneng-Sadananya tersebut sudah terjadi cukup lama. Sayangnya, meski sudah mengalami kerusakan yang cukup parah, jalan itu belum juga mendapat perhatian pemerintah daerah.

Menurut Amat, jalan itu kerap dilalui kendaraan besar pengangkut hasil bumi dan ternak ayam. Meski kondisinya sudah rusak, kendaraan-kendaraan tersebut tetap harus melaluinya, lantaran jalan itu merupakan jalur utama yang cukup vital.

“Warga disini juga berharap jalan itu diperbaiki, agar aktifitas moda transportasi kembali lancar,” ujarnya. (Deni/Koran-HR)

 

- Advertisment -