Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisJelang Imlek di Ciamis, Menulis Doa di Lampion Klenteng Laku Keras

Jelang Imlek di Ciamis, Menulis Doa di Lampion Klenteng Laku Keras

Seorang pengurus Klenteng Hok Tek Bio Ciamis, tengah memasang sejumlah Lampion jelang perayaan tahun baru Imlek 2566/2015, Minggu (15/02/2015). Foto: Heri Herdianto/HR

Jelang Imlek di Ciamis, Menulis Doa di Lampion Klenteng Laku Keras

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Jelang perayaan tahun baru Imlek 2566/2015 yang jatuh pada Kamis (19/02/2015), membuat umat Konghucu yang mayoritas keturunan Cina sudah bersiap-siap untuk merayakannya, tak terkecuali di Ciamis. Di Klenteng Hok Tek Bio Ciamis, segala persiapan untuk menyambut Imlek tampak sudah dipersiapkan.

Yang menarik, pada setiap jelang imlek, para penganut Konghucu berlomba-lomba untuk menulis doa pengharapan di sebuah lampion yang digantung di setiap sudut Klenteng.

“Menurut kepercayaan jemaat konghucu, kalau menulis doa pengharapan di lampion klenteng pada jelang Imlek, maka segala doanya akan terkabul,” kata pengurus Klenteng Hok Tek Bio Ciamis, Kiki Rizki, kepada HR, Minggu (15/02/2015).

Karena itu, lanjut Kiki, sudah hampir 3 hari ini Klenteng Hok Tek Bio Ciamis sering didatangi jemaat yang hanya sekedar ingin menuliskan doanya di lampion tersebut. “Tidak hanya umat Konghucu saja, tetapi warga lokal pun ada yang datang ke sini hanya sekadar untuk menulis doanya di lampion,” ujarnya.

Menurut Kiki, pada setiap lampion yang digantung di Klenteng, masing-masing sudah ada pemiliknya. Makanya, masing-masing lampion pasti akan berbeda tulisannya. “Pada setiap lampion pasti ada tulisan doa berbahasa Tiongkok dan tulisan orang yang memasangnya,” terangnya.

Setiap orang yang ingin menuliskan doa di lampion Klenteng Ciamis, lanjut Kiki, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 900 ribu per orang. “ Uang itu akan digunakan untuk pemeliharan Klenteng ini,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)

- Advertisment -