Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita BanjarMinimalisir Kecelakaan Lalin, Satlantas Polresta Banjar Gelar Razia Rutin

Minimalisir Kecelakaan Lalin, Satlantas Polresta Banjar Gelar Razia Rutin

Petugas Satlantas Polresta Banjar tengah memeriksa kelengkapan kendaraan terhadap salah seorang pengemudi sepeda motor yang melintas di Jl. Siliwangi. Photo: Hermanto/HR.

Razia lalin

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Untuk mensosialisasikan Undang Undang Lalu-lintas kepada masyarakat serta meminimalisir terjadinya kecelakaan, jajaran Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polresta Banjar, menggelar razia rutin di Jl. Siliwangi, tepatnya depan Lapangan Golf Banjar, Jawa Barat, Selasa (10/02/2015), sekitar jam 10.00 WIB.

Dalam razia tersebut, polisi berhasil menjaring sejumlah kendaraan bermotor yang diketahui tidak memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan maupun kelengkapan kendaraannya.

Salah seorang pengendara motor yang terjaring razia, Dede Peno (35), warga Lingkungan Pangadegan, Kel/Kec. Pataruman, Kota Banjar, mengakui bahwa dirinya telah melanggar lalu-lintas, hingga akhirnya ia pun ditilang petugas. “Saya ditilang karena masa berlaku SIM saya sudah habis,” kata Dede, kepada HR.

Pengemudi sepeda motor lainnya, Dasep Pastra (34), warga Desa Neglasari, Kecamatan Banjar ini ditilang karena memakai motor tanpa dilengkapi kaca spion. “Saya pinjam motor teman, dan saya tidak tahu kalau ada razia,” ucap Dasep.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Banjar, AKP. Taryadi, melalui KBO Lantas, Ipda. H. Erlan Suganda, mengatakan, razia rutin yang digelar pihaknya bertujuan untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu-lintas.

Selain itu, dalam razia tersebut pihaknya juga menegaskan kepada para pengendara roda dua wajib memakai helm SNI, baik yang membonceng maupun dibonceng, serta kendaraannya harus dilengkapi kaca spion dan menyalakan lampu utama di siang hari.

Untuk kendaraan roda empat, pengemudi wajib menggunakan sabuk pengaman. “Bila pengendara melanggar, maka kami tilang,” katanya.

Erlan menghimbau kepada masyarakat, khususnya para pengguna jalan agar selalu mentaati peraturan lalu-lintas, dan tidak kebut-kebutan di jalan raya. Karena, selain mengganggu kepada pengguna jalan lain, juga untuk menghindari kecelakaan lalu-lintas. (Hermanto/Koran-HR)

- Advertisment -