Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisSetelah Rutilahu, Kades Raksabaya Ciamis Diminta Transparan Anggaran Lainnya

Setelah Rutilahu, Kades Raksabaya Ciamis Diminta Transparan Anggaran Lainnya

Photo Ilustrasi

Setelah Rutilahu, Kades Raksabaya Ciamis Diminta Transparan Anggaran Lainnya

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah persoalan rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu) selesai nanti, Badan Pengawas Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Raksabaya, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, berencana kembali menggelar rapat evaluasi, untuk meminta kepada Kepala Desa soal transparansi keuangan pada agenda pembangunan tahun-tahun sebelumnya.

Ketua LPM Desa Raksabaya, Sarif, Jum`at (13/2/2015), membenarkan agenda tersebut. Menurut dia, pihaknya bersama BPD akan meminta juga kejelasan soal anggaran pembangunan rabat beton tahun 2014, Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2014, pembuatan plang desa dan masih banyak yang lainnya.

“Sampai saat ini Pemerintah Desa tidak pernah mau transparan soal anggaran. Salah satunya soal pembuatan plang desa, anggarannya sudah cair, tapi plangnya tidak ada. Padahal itu anggaran tahun 2013,” katanya.

Senada dengan itu, Aca, anggota BPD Desa Raksabaya, menuturkan, pihaknya akan kembali mengusulkan agenda rapat evaluasi bersama seluruh unsur pemerintahan desa, meliputi BPD, LPM dan Pemerintah Desa.

“Agendanya antaralain soal transparansi pengelolaan anggaran yang dilakukan pemerintah desa,” katanya.

Aca menandaskan, pihaknya berharap pengelolaan keuangan desa dilakukan secara transparan. Hal itu juga untuk menghindari penyelewengan anggaran yang ada di pemerintah desa. Dia juga tidak ingin, gara-gara salah dalam pengelolaan keuangan, unsur di pemerintah desa terlibat atau bahkan terjerumus hingga terpaksa berurusan dengan pihak berwajib. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -