Jumat, Juli 1, 2022
BerandaBerita CiamisSoal Relokasi Massal Pembangunan Bendungan Matenggeng, Ini Kata Bupati Ciamis

Soal Relokasi Massal Pembangunan Bendungan Matenggeng, Ini Kata Bupati Ciamis

Gambar rencana Bendungan Matenggeng yang akan mengambil lahan sebagian wilayah Kecamatan Tambaksari dan Rancah, Kabupaten Ciamis. Foto: BBWS Citanduy

Soal Relokasi Massal Pembangunan Bendungan Matenggeng, Ini Kata Bupati Ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemkab Ciamis meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy sebagai pelaksana pembangunan Bendungan Matenggeng, untuk lebih memperhatikan aspek sosial saat melakukan relokasi penduduk di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis. Pasalnya, untuk merealisasikan bendungan tersebut, sebelumnya harus dilakukan relokasi penduduk secara massal.

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, didampingi Asda I Pemkab Ciamis, Endang Sutrisna, mengatakan, meski pihaknya mendukung penuh pembangunan dua mega proyek bendungan yang akan dibangun di wilayah Kabupaten Ciamis, yakni Bendungan Matenggeng dan Bendungan Leuwikeris, namun ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, terutama soal aspek sosial.

“Kami mendukung penuh pembangunan dua bendungan itu, karena besar manfaatnya untuk masyarakat Kabupaten Ciamis. Hanya, agar pelaksanaannya berjalan lancar, perlu dilakukan kajian yang mendalam, terutama dalam sistem relokasi,” ujarnya, usai menggelar ekspos bersama BBWS Citanduy terkait rencana pembangunan Bendungan Matenggeng dan Leuwikeris, di Aula Setda Pemkab Ciamis, Selasa (03/02/2015).

Endang menambahkan, pengkajian sistem relokasi yang dimaksud, yakni perlu mendengar aspirasi dari masyarakat yang akan direlokasi. “Artinya, sistemnya harus fleksibel, apakah masyarakat setempat ingin disediakan lahan relokasi atau pemberian uang ganti rugi. Nah, hal seperti ini harus diperhatikan, agar dalam proses relokasi tidak mengundang permasalahan,” ujarnya.

Menurut Endang, untuk wilayah Kabupaten Ciamis akan terambil lahan seluas 1.055 hektar untuk pembangunan Bendungan Matenggeng. Meski pembangunan bendungan ini juga mengambil lahan di wilayah Kabupaten Kuningan dan Cilacap, tetapi lahan yang paling luas akan mengambil dari wilayah Kabupaten Ciamis.

“Selain itu, ada beberapa fasilitas umum seperti jembatan yang tergenang dan jalan yang terputus di wilayah Kecamatan Tambaksari akibat dari dibangunnya bendungan ini. Kita sudah meminta kepada BBWS untuk melakukan pembangunan jembatan baru di wilayah tersebut,” ujarnya. (Bgj/Koran-HR)

Berita Terkait

Matenggeng Dibangun, Relokasi Massal akan Terjadi di Tambaksari Ciamis

Proyek Bendungan Mantenggeng di Tambaksari Ciamis Dilanjutkan Tahun Ini

Di Bendungan Leuwikeris, Pemkab Ciamis Rencanakan Bangun Objek Wisata

Bendungan Leuwikeris akan Pasok Kebutuhan Air Pertanian di Ciamis Selatan

Ini Alasan Dibangun Bendungan Leuwikeris di Ciharalang Ciamis

- Advertisment -