Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariTak Hanya Banjir, Tebing Setinggi 7 Meter di Purwadadi Ciamis Longsor

Tak Hanya Banjir, Tebing Setinggi 7 Meter di Purwadadi Ciamis Longsor

Tebing setinggi 7 meter longsor dan menutup akses jalan di Dusun Sukamaju RT 01/RW 01 Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Kamis (20/02/2015) sore. Foto: Andri S. Hamara/HR

Tak Hanya Banjir, Tebing Setinggi 7 Meter di Purwadadi Ciamis Longsor

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tidak hanya merendam puluhan hektar sawah, puluhan kolam dan rumah warga, akibat guyuran deras yang melanda Dusun Sukamaju RT 01/RW 01 Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, Kamis (20/02/2015) sore, juga mengakibatkan tebing setinggi 7 meter longsor dan menutup akses jalan.

Sarip (55), warga Dusun Sukamaju, mengatakan, longsornya tebing setinggi 7 meter ini terjadi pada sore kamarin di saat hujan deras mengguyur daerannya. Saat itu, kata dia, dirinya tengah berada di teras rumah yang tak jauh dari lokasi longsoran tebing.

“Saat terjadi hujan deras, terdengar suara gemuruh sangat keras. Ketika saya lihat, ternyata longsoran tanah sudah menutupi ruas jalan dan halaman rumah saya,” katanya, Jumat (20/02/2015).

Akibat ruas jalan yang tertutup longsoran, arus lalu lintas warga sekitar jadi lumpuh total. Hingga siang tadi, warga sekitar dengan suka rela segera menyingkirkan bongkahan longsoran yang menutupi jalan.

Kasi Kesra Desa Kutawaringin, Ai Yeyet Rohaeti, Jum’at (20/02/2015), mengatakan. longsornya tebing ini diakibatkan curah hujan yang sangat besar. Namun, masih beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa dan kejadian ini sudah langsung dilaporkan ke pemerintah kabupaten melalui kecamatan. (Andri/R2/HR-Online)

- Advertisment -