Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita CiamisTernyata! Cidolog Ciamis Punya Harta Karun Terpendam

Ternyata! Cidolog Ciamis Punya Harta Karun Terpendam

Kandungan Pasir Besi di wilayah Blok Ceuri, Dusun Sukamanah, Cidolog, sangat jelas terlihat di permukaan tanah. Sebuah alat bekas penambangan teronggok di lahan itu, dan menjadi bukti adanya aktifitas pertambangan. Photo : Deni Supendi/ HR

Ternyata! Cidolog Ciamis Punya Harta Karun Terpendam

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tepatnya di Blok Ceuri, Dusun Sukamanah, Desa Cidolog, ternyata memiliki harta karun terpendam, berupa potensi pertambangan pasir besi yang cukup besar.

Menurut keterangan warga, di wilayah itu luas lahan yang memiliki potensi kandungan pasir besi mencapai 130 hektar. Bahkan, potensi kandungan pasir besi itu sangat jelas terlihat di permukaan tanah.

Asep, warga Dusun Sukamanah, Jum`at (13/2/201), membenarkan potensi tambang pasir besi tersebut. Menurut dia, beberapa tahun silam, aktifitas pertambangan pasir besi pernah dilakukan di wilayah itu. Bahkan sejumlah peralatan pertambangan pasir besi juga masih teronggok di kawasan tersebut

“Dulu, lahan pasir besi yang pernah digarap pihak perusahaan swasta mencapai 10 hektar. Tapi entah kenapa, aktifitas pertambang pasir besi sekarang terhenti,” katanya.

Hanya saja, dari kabar burung yang beredar, kata Asep, pihak perusahaan merasa terbebani oleh banyaknya oknum masyarakat (preman) yang selalu meminta jatah dari aktifitas pertambangan pasir besi tersebut.

“Selain itu, informasi yang kami terima, di jalan, banyak preman yang juga meminta jatah saat pasir besi didistribusikan,” ucapnya.

Diakui Asep, keberadaan pertambangan pasir besi di wilayah itu sempat membuat perekonomian masyarakat setempat mengalami peningkatan. Selain itu, keberadaannya pun menjadi sumber pendapatan bagi pemerintahan desa. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -