Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita BanjarWawalkot Banjar Ingatkan Desa Jangan Tarik Ulur Penyusunan Usulan Pembangunan

Wawalkot Banjar Ingatkan Desa Jangan Tarik Ulur Penyusunan Usulan Pembangunan

Wakil Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetya, M.Kes.

darmadji.jpgwe

 

Banjar, (harapanrakyat),-

Wakil Walikota Banjar, Jawa Barat, drg. H. Darmadji Prawirasetya, M.Kes., mengingatkan pemerintah dan masyarakat desa jangan tarik ulur dalam penentuan usulan pembangunan di desa. Pasalnya, Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, menyusul pemberlakuan UU Desa.

“Diberlakukannya UU Desa, ada anggaran terpusat di desa. Untuk itu, desa jangan tarik ulur usulannya ingin masuk ke dalam anggaran kota,” katanya kepada HR Online, usai menghadiri pra Musrenbang tingkat kecamatan di Langensari, Kamis (05/02/2015).

Darmadji menyebutkan, dengan anggaran besar di desa, otomatis desa mempunyai kewenangan besar dalam pelaksanaan pembangunannya. Jadi, yang tidak tercover anggaran kota, bisa dilaksanakan melalui anggaran desa.

Begitu pun dalam penentuan usulan harus diperhatikan output-nya guna menghindari terjadinya Silpa. Sehingga, tidak menimbulkan temuan adanya kerugian negara yang akhirnya terindikasi korupsi.

Darmadji menambahkan, usulan dari setiap desa yang masuk bisa menjadi gambaran bagi OPD dalam menyusun rencana strategi (renstra). Namun, tetap harus disesuaikan dengan RPJMD Kota Banjar.

“Dengan begitu, OPD mampu menjalankan apa yang menjadi visi misi RPJMD Kota. Begitu pula usulan yang dibuat desa harus mengarah pada RPJMD yang telah dibuatnya,” katanya. (Nanang/R3/HR-Online)

- Advertisment -