Ingin “Miss V” Anda Bersih & Sehat, Simak Tips Ini

Foto: Ilustrasi net/Ist
Foto: Ilustrasi net/Ist
Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com)

Untuk wanita, melindungi “Miss V” agar tidak kotor merupakan sebuah kewajiban untuk menghindari “Miss V” Anda dari infeksi yang diakibatkan oleh bakteri atau jamur.

Seperti yang dikutip di laman Healthmeup, “Miss V” mempunyai bakteri yang paling banyak diantara bagian tubuh yang lain. Namun yang menjadi spesialnya, yaitu bakteri itu mempunyai fungsi menjaga area “Miss V”. Akan tetapi jika Anda tidak memperhatikan akan kebersihan di area “Miss V”, maka bakteri tersebut akan berubah menjadi penyakit.

Berikut ini adalah tips agar area “Miss V” Anda tetap bersih dan sehat

# Bersihkan Dengan Benar

Membersihkan atau membasuh “Miss V” yang benar itu dari arah depan ke belakang, jangan sampai terbalik. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari bakteri yang terdapat dari anus berpindah ke area “Miss V” Anda, sehingga nantinya dapat mengakibatkan infeksi.

# Hindari Douching

Douching merupakan membilas atau membasuh “Miss V” menggunakan semprotan air ataupun cairan yang dicampur dengan bahan kimia. Memang sekarang ini banyak produk yang berguna untuk membersihkan wilayah “Miss V”. Padahal cara douching tersebut sangat tidak bermanfaat, malahan akan mengakibatkan masalah pada keseimbangan flora normal yang sebetulnya flora tersebut sangat penting untuk mencegah berkembangbiaknya infeksi bakteri atau jamur jahat.

# Lindungi “Miss V” dengan tepat

Jangan lupa mengganti pembalut sesering mungkin ketika menstruasi, karena jika tidak maka kuman akan dengan mudah masuk, serta gumpalan daerah yang ada di pembalut adalah tempat jamur mapun bakteri berkembangbiak. Olehkarena diusahakan pembalut diganti tiap 4 jam sekali. Dan jangan lupa, sebelum pembalut diganti, bersihkanlah “Miss V” Anda terlebih dulu.

# Jangan lupa mengganti celana dalam

Sebainya Anda mengganti celana dalam minimal dua atau tiga kali dalam satu hari. Pergunakanlah celana dalam dengan bahan katun atau bahan lainnya yang mudah menyerap keringat. Hindari celana dalam yang berbahan sintetik atau sutra, pasalnya akan mengakibatkan “Miss V” Anda berkeringat, sehingga akan meningkatkan bakteri. Selain itu jangan sampai Anda menggunakan celana dalam orang lain atau keluarga sendiri, sebab kondisi “Miss V” yang dimiliki setiap orang berbeda-beda.

# Cukur rambut di area “Miss V”

Jangan lupa cukurlah rambut kemaluan yang berada di wilayah “Miss V” Anda. Karena jika sampai gondrong, keringat atau cairan tubuh lainnya akan terperangkat sehingga akan menimbulkan bau apek. Rapihkan dengan memotong atau memendekkan dengan menggunakan gunting atau alat cukur lainnya. Dan jangan sampai Anda mencabut, sebab akan mengakibatkan timbulnya lubang. (Adi/R5/HR-Online)