5 Siswa SD di Ciamis Keracunan, Sampel Minuman Olahan Diuji di Laboratorium

Ilustrasi keracunan. Foto: Ist/Net

5 Siswa SD di Ciamis Keracunan, Sampel Minuman Olahan Diuji di Laboratorium

Ciamis,(harapanrakyat.com),-

Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Ciamis sudah mengambil sampel minuman olahan jenis es cincau bubel yang sebelumnya diminum oleh 5 siswa SD Negeri 2 Ciamis yang mengalami keracunan massal. Sampel tersebut akan diuji di laboratorium guna memastikan apakah minuman olahan tersebut yang menyebabkan 5 siswa itu mengalami keracunan.

“Untuk memastikan penyebab pasti keracunan, kita harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium yang ditargetkan rampung sesegara mungkin. Tetapi, dugaan sementara, minuman cincau babel itu merupakan penyebab keracunan. Karena minuman itu yang dikonsumsi secara bersamaan oleh 5 siswa tersebut,” kata Kepala Seksi Penanganan Penyebaran Penyakit dan Penanggulangan Bencana Alam (P4B) Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, H. Osep Hernandi,M.Kes, kepada HR Online, Minggu (01/03/2015).

Untuk menghindari agar kejadian serupa tidak terulang, tambah Osep, maka perlu dilakukan pengawasan secara berkala terhadap hiegene sanitasi jasa boga, meningkatkan koordinasi dan regulasi lintas program dalam pembinaan pelayanan jasa umum, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan makanan yang baik dan benar bagi penjaja makanan dan penyuluhan tentang pemilihan bahan makanan yang baik.

“Pembinaan dan pengawasan itu harus dilakukan terhadap pedagang yang menjual makanan olahan. Karena jika itu tidak dilakukan, kejadian serupa tidak tertutup kemungkinan bakal terjadi kembali,” ungkapnya.

Menurut Osep, kasus keracunan dengan korban 5 siswa SDN 2 Ciamis ini merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB). Karena kasus keracunan apabila tidak mendapat penanganan segera bisa membawa kematian. “ Kasus ini harus menjadi perhatian semua pihak untuk bersama-sama mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari,” katanya. (es/R2/HR-Online)

Berita Terkait

Gawat! 5 Siswa SD di Ciamis Keracunan Setelah Jajan Minuman Olahan

Begini Kronologis 5 Siswa SD di Ciamis Alami Keracunan Minuman Olahan

Pasca 5 Siswa di Ciamis Keracunan, Kadisdikbud akan Warning Sekolah

Aegis Boost Pro