Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarAkibat Cuaca Ekstrim, di Banjar Satu Rumah Ambruk Tertimpa Longsor

Akibat Cuaca Ekstrim, di Banjar Satu Rumah Ambruk Tertimpa Longsor

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hujan yang terus mengguyur wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, dalam sepekan terakhir ini mengakibatkan tanah tebing di RT.26/12, Lingkungan Ciaren, Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja, longsor dan menimpa sebuah rumah milik warga.

Peristiwa tersebut terjadi Kamis malam (12/03/2015), sekitar jam 18.30 WIB. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun HR Online di lapangan, kejadian itu berawal ketika hujan yang turun lebat sejak jam 16.30 WIB, kemudian terdengar suara longsoran tanah dan menimbun sebuah rumah milik Hadmini (66).

“Pada saat hujan lebat, saya tengah mengaji Yassin. Namun alangkah kagetnya tiba-tiba ada suara longsoran tanah menimpa rumah hingga saya tertimbun longsoran tanah dan puing-puing rumah,” tutur Hadmini, saat ditemui HR Online, Jum’at (13/03/2015), di lokasi kejadian.

Hadmini mengaku, waktu kejadian dirinya telah berusaha ke luar rumah melalui pintu dapur, namun timbunan tanah sudah menutupi semua bagian dapur rumahnya.

Sementara itu, Kartiwi (55), salah seorang tetangga korban, mengatakan, saat melihat kejadian tersebut, ia menjerit dan meminta tolong hingga terangga lainnya pun berhamburan ke luar rumah. Kemudian warga mencari Hadmini yang tertimbun longsor di dalam rumahnya.

Tidak berselang lama, Hadmini pun ditemukan oleh para tetangganya dalam kondisi tubuhnya tergencet puing-puing rumah yang ambruk. Kemudian warga mengevakuasi Hadmini yang sudah dalam keadaan pingsan ke tempat lebih aman.

Kini, warga bersama aparat dari TNI dan Polri bergotong-royong membersihkan material longsoran tanah dan puing-puing rumah milik Hadmini. (Hermanto/R3/HR-Online)