Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranBanjir di Kalipucang Pangandaran Sudah Surut, BPBD Masih Siaga

Banjir di Kalipucang Pangandaran Sudah Surut, BPBD Masih Siaga

Banjir yang melanda Desa Pamotan yang terjadi 2 hari terakhir ini. Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Korban Banjir Pangandaran Butuhkan Bantuan Air Bersih Obat-obatan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Meski banjir di Dusun Pamotan Desa Pamotan dan Dusun Girisetra Desa Kalipucang, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, sudah mulai surut, namun petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Pangandaran masih disiagakan untuk melakukan pemantaun di daerah tersebut.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kembali banjir menyusul intensitas hujan masih tinggi di wilayah hulu Sungai Citanduy dan di wilayah hilir di sepanjang aliran sungai di wilayah Kabupaten Pangandaran.

Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, DR. Nana Ruhena, mengatakan, pihaknya sengaja belum menarik petugasnya dari wilayah dua dusun yang kemarin dilanda banjir. Karena dikhawatirkan terjadi kembali banjir susulan.

“ Kita antisipasi saja. Kalau terjadi lagi banjir, petugas kami sudah siap di lapangan untuk membantu warga,” katanya, Sabtu (14/03/2015).

Nana menambahkan, meski banjir sudah surut, namun dalam sepekan ke depan diprediksi hujan dengan intensitas tinggi masih terus mengguyur wilayah hulu dan hilir sungai. “Kita tempatkan petugas di beberapa titik yang rawan banjir. Jadi, apabila sungai kembali meluap dan mengenangi rumah warga, petugas kami sudah siap melakukan evakuasi,” katanya.

Menurut Nana, pihaknya sudah menetapkan siaga bencana banjir dan longsor hingga bulan Mei mendatang. Hal itu menyusul intensitas hujan yang masih tinggi meski pada setiap bulan Maret selalu diprediksi memasuki musim kemarau. (Ntang/R2/HR-Online)

- Advertisment -