Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisBerobsesi Raih Adipura, DCKKTR Ciamis Beri Arahan Petugas Kebersihan

Berobsesi Raih Adipura, DCKKTR Ciamis Beri Arahan Petugas Kebersihan

Ilustrasi Adipura. Foto: Ist/Net

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Ciamis berobsesi untuk kembali meraih penghargaa Adipura pada tahun 2015 ini. Untuk mewujudkan hal itu, DCKKTR mengumpulkan para petugas kebersihan yang berjumlah 104 orang meliputi petugas kebersihan yang berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil) ataupun TKK (Tenaga Kerja Kontrak).

Kepala DCKKTR Ciamis, Drs. H. Oman Rohman, ketika ditemui Koran HR, Selasa (17/03/2015) lalu, mengaku sengaja mengumpulkan para petugas kebersihan untuk memberikan pemahaman kepada mereka tentang penilaian penghargaan Adipura.

“Kami ingin Ciamis kembali mendapatkan penghargaan Adipura tahun 2015 ini. Itu memang tidak mudah, apalagi jika keindahan dan kebersihan Ciamis tidak terpelihara, jelas penghargaan Adipura tidak akan didapat,” katanya.

Oman berharap, seluruh petugas kebersihan melaksanakan tugas dengan baik, diantaranya menjaga agar kawasan perkotaan Ciamis tetap dalam keadaan indah dan bersih. Diapun tidak ingin mendapati petugas kebersihan yang bekerja secara asal-asalan.

“Tolong petugas membagi waktu pekerjaan antara di siang hari dan sore hari. Kami akan terus memantau kinerja petugas kebersihan, salah satunya dengan cara mengecek daftar hadir para petugas kebersihan,” katanya.

Kabid Pertamanan dan Kebersihan DCKKTR Ciamis, D. Mardiana, mengatakan, untuk mempermudah pekerjaan, petugas kebersihan yang berjumlah 104 orang dibagi ke dalam beberapa kelompok dan fokus mengelola sejumlah titik kawasan.

“Mereka (petugas kebersihan) dibagi ke dalam kelompok, karena pekerjaan dilakukan dari pagi pukul 06.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Pekerjaan itu dilakukan oleh tiga orang sekaligus karena berganti shift,” ungkapnya

Mardiana menegaskan, para petugas kebersihan diberi pemahaman soal tugas dan kewajibannya bukan hanya ketika ada penilaian Adipura saja. Tapi, mereka juga diberi pemahaman tentang pentingnya peran mereka menjaga kebersihan wilayah perkotaan Ciamis. (es/Koran-HR)

- Advertisment -