Jumat, Juli 1, 2022
BerandaBerita CiamisBesok, PWI Bareng RSM Cicendo Gelar Operasi Katarak Gratis di Ciamis

Besok, PWI Bareng RSM Cicendo Gelar Operasi Katarak Gratis di Ciamis

Logo Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Barat yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Mata (RSM) Cicendo Bandung dan Pemkab Ciamis, akan menggelar kegiatan sosial operasi katarak gratis yang diperuntukan bagi lansia kurang mampu.

Ketua PWI Perwakilan Ciamis, Banjar dan Pangandaran, Anjar Asmara
Ketua PWI Perwakilan Ciamis, Banjar dan Pangandaran, Anjar Asmara

Kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat ini sedianya akan digelar di Puskesmas Cijeungjing, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Kamis (19/03/2015) pagi.

Ketua PWI Perwakilan Ciamis, Banjar dan Pangandaran, Anjar Asmara, mengatakan, sebelumnya PWI Cabang Jawa Barat sudah menggelar 6 kali kegiatan sosial operasi katarak gratis di lokasi yang berbeda di daerah Jawa Barat. Pada moment HPN tahun 2015 ini, lanjut dia, PWI kembali menggelar kegiatan serupa atau yang ketujuh kalinya dan kini memilih Kabupaten Ciamis sebagai lokasi sasaran.

Alasan dipilihnya Kabupaten Ciamis sebagai lokasi sasaran, kata Anjar, pertama karena alasan tingginya angka penderita katarak hingga mencapai 1500 jiwa. “Data itu kami peroleh dari Dinas Kesehatan Ciamis. Jika dipersentasikan, sekitar 1,1 persen dari 1,4 juta penduduk Kabupaten Ciamis menderita penyakit katarak. Berangkat dari data itulah yang membuat kami terketuk hati untuk melakukan aksi nyata membantu para penderita,” ujarnya.

Alasan lainnya, lanjut Anjar, PWI Cabang Jawa Barat menilai bahwa PWI Perwakilan Ciamis, Banjar dan Pangandaran memiliki soliditas dan berpengalaman dalam mengelola acara kegiatan sosial.

“Karena kami pun sebelumnya sukses menggelar beberapa kegiatan sosial yang digelar di Ciamis, diantaranya kegiatan penanaman pohon dan kagiatan sunatan massal bagi warga tidak mampu. Alasan itu pun yang menjadi dasar kegiatan tingkat Jawa Barat ini digelar di Ciamis,” katanya.

Sementara itu, kegiatan operasi katarak ini akan dibuka oleh Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin serta akan dihadiri unsur Muspida, Kepala OPD di Pemkab Ciamis, Ormas/OKP dan tamu undangan lainnya. (Bgj/R2/HR-Online)

- Advertisment -