Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita CiamisCiptakan Ciamis Hijau, DCKKTR Terus ‘Galakkan’ Penanaman Pohon

Ciptakan Ciamis Hijau, DCKKTR Terus ‘Galakkan’ Penanaman Pohon

Kepala DCKKTR Kabupaten Ciamis, Drs. H. Oman Rohman, saat memantau langsung penanaman pohon di kawasan Alun-alun Ciamis, belum lama ini. Photo : Eli Suherli/ HR

tanaman pot  (2) - Copy

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dinas Cipta Karya Kebersihan dan Tata Ruang (DCKKTR) Kabupaten Ciamis kembali memprogramkan penanaman pohon di wilayah perkotaan, diantaranya di wilayah perbatasan dan gapura selamat datang serta di wilayah jalur lingkar selatan.

“Penanaman pohon ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu, juga untuk penguat oksigen serta menjadikan kawasan perkotaan sebagai kawasan hijau,” kata Kepala DCKKTR Kabupaten Ciamis, Drs. H. Oman Rohman, pekan lalu.

Oman menjelaskan, pohon-pohon yang ditanam pihaknya merupakan jenis ketapang kencana dan trembesi. Menurut dia, penanaman sudah digalakkan sejak awal Januari hingga Maret 2015. Meski begitu, dua bulan kedepan pihaknya juga akan kembali memprogramkan kegiatan penanaman pohon.

Kepada HR, Oman menjelaskan, melalui program penanaman pohon, pihaknya ingin menciptakan kawasan perkotaan Ciamis menjadi kawasan hijau. Untuk itu, setiap lahan kosong yang ada di jalur utama perkotaan akan terus ditanami.

Penanaman pohon, katapang kencana, juga dilakukan menggunakan media pot besar, salah satunya di bilangan Alun-alun Ciamis, kawasan pertokoan, depan Gedung DPRD dan depan Pendopo (Kantor Bupati) Ciamis.

Sedangkan untuk pohon trembesi, kata Oman, ditanam di jalur lingkar selatan, kawasan makam pahlawan dan di sepanjang jalan perbatasan, mulai dari wilayah Imbanagara Raya sampai ke Cijeungjing.

“Hasilnya, nanti bisa dilihat dalam dua tahun kedepan. Yang jelas, kami ingin menciptakan kawasan-kawasan yang rimbun dengan pepohonan, serta menciptakan keindahan,” ungkapnya.

Oman menambahkan, program penanaman pohon tersebut merujuk keinginan Bupati Ciamis yang ingin menjadikan Ciamis sebagai daerah yang memiliki kawasan atau lahan konservasi. Selain itu, program ini juga sebagai bentuk upaya untuk menciptakan kawasan ramah lingkungan.

“Apabila tidak ada peran serta masyarakat, memang tidak mudah melestarikan lingkungan hidup. Untuk itu, kami mengajak seluruh masyarakat Ciamis agar menjaga lingkungan dengan menanam pohon di lingkungan sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Drs. H. Iing S Arifin, ketika ditemui seusai menghadiri Musrenbang di gedung Islamic Centre, Selasa (10/03/2015), menambahkan, dalam tiga bulan ini, pihaknya bersama-sama dengan DCKKTR, terus menggalakkan penanaman pohon. Dia juga mengaku ingin menyadarkan masyarakat agar memahami pentingnya program penghijauan. (es/Koran-HR)

- Advertisment -