Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranDPRD Minta Pengusaha ‘Pangandaran Square’ Akomodir Permintaan Petani

DPRD Minta Pengusaha ‘Pangandaran Square’ Akomodir Permintaan Petani

Petani penggarap lahan eks Star Trust, Kamis (19/03/2015), mengadu ke DPRD Pangandaran. Foto: Madlani/HR

DPRD Minta Pengusaha ‘Pangandaran Square’ Akomodir Permintaan Petani

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Anggota Komisi II DPRD Pangandaran, Jalaludin, S.Ag, meminta PT Panca Jaya Makmur sebagai pihak pengembang Pangandaran Square untuk memberikan konpensasi kepada para petani penggarap yang lahannya terkena dampak pembangunan tersebut. Menurutnya, hal itu sebagai bentuk upaya untuk meredam munculnya gesekan yang tidak diinginkan.

“Kami minta kearifan dari pengusaha, karena masyarakat penggarap sudah lama mengelola lahan tersebut. Sehingga, kalau tidak mengganti kasihan mereka mau usaha apa untuk keluarganya,” kata Jalal saat menerima audensi para petani, di Gedung Islamic Center Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Kamis (19/03/2015). [Baca juga: Pangandaran Square Dibangun, Ladang Petani Hilang!]

Di tempat yang sama, Direktur PT. Panca Jaya Makmur, Alif Joko, mengatakan, dari luas lahan Star Trust seluas 317 hektar, hanya 196 hektar atau 30% yang dikelola pihaknya. Sementara pihaknya akan menggunakan lahan seluas 58 hektar guna pembangunan kawasan Pangandaran Square.

“Kami juga sudah menyediakan 5 hektar untuk lahan pertanian. Kami mempersilahkan kepada petani untuk menggarap lahan tersebut. Lahan itu terbagai di wilayah 2 desa yaitu Pananjung dan Wonoharjo,” katanya.

Alif pun menyatakan kesiapanya memberikan kompensasi kepada petani yang lahannya terkena dampak. “ Kita akan membentuk tim kecil yang melibatkan dari perwakilan petani untuk membahas soal kompensasi dan tanah garapan ini,” ujarnya. (Mad/R2/HR-Online)

- Advertisment -