Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita PangandaranGara-gara Jarak, Warga di Pangandaran Ini Pilih Berobat ke Jateng

Gara-gara Jarak, Warga di Pangandaran Ini Pilih Berobat ke Jateng

Ilustrasi Puskesmas. Foto: Ist/net

Waduh! Warga Sidaharja Lakbok Ciamis Memilih Berobat ke Jawa Tengah

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Maruyungsari dan Sukanegara, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, mendambakan adanya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah itu. Selama ini, warga Maruyungsari yang mengalami sakit, selalu kesulitan ketika ingin pergi berobat. Alasannya karena satu-satunya Puskemas yang ada di wilayah itu lokasinya cukup jauh, karena berada di pusat Kecamataan Padaherang.

Didin, warga Sukanegara, ketika ditemui Koran HR, Senin (16/03/2015) lalu, mengungkapkan, mayoritas masyarakat di wilayah itu lebih memilih pergi ke Desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, bila ingin berobat. Pergi ke wilayah Jawa Tengah dianggap lebih dekat ketimbang pergi ke pusat Kecamatan Padaherang.

“Saya juga sering ke sana (Jawa Tengah) kalau ingin berobat. Soalnya, Puskemas Kedungreja lebih dekat ketimbang Puskemas Padaherang,” katanya.

Menurut Didin, sudah sepantasnya kalau di wilayah Desa Sukanegara atau Maruyungsari terdapat fasilitas kesehatan. Dia menambahkan bahwa hal itu akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kepala Desa Maruyungsari, Turino, ketika ditemui HR, tidak menyangkal banyak warganya lebih memilih berobat di Jawa Tengah ketimbang di Puskesmas Padaherang. Menurut dia, warga mempersoalkan jarak yang harus ditempuh ketika ingin pergi berobat.

“Memang, sejak lama warga ingin ada Puskemas disini. Soalnya, saat arus sungai sedang deras, mereka juga tidak berani melewatinya,” katanya. (andri/Koran-HR)

- Advertisment -