Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita PangandaranHarga Beras Mahal, Beras Oplosan Beredar di Pangandaran

Harga Beras Mahal, Beras Oplosan Beredar di Pangandaran

Aktifitas di kios salah seorang penjual beras di bilangan Pasar Tradisional Pananjung Pangandaran. Photo : Entang SR/ HR

beas  001

Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Seiring melonjaknya harga beras di pasaran, beredar juga beras oplosan di Pasar Tradisional Pangandaran. Kuat dugaan, mahalnya harga beras dimanfaatkan sejumlah oknum pedagang untuk meraup keuntungan dengan menjual beras oplosan.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Pananjung (HP2P), Taopik, ketika ditemui Koran HR, Senin (2/3/2015) lalu, mengaku menemukan ada beras oplosan yang beredar di pasar tersebut. Menurut dugaannya, ada oknum pedagang atau pemasok beras sengaja mencampur beras berkualitas baik dan buruk, kemudian menjualnya dengan harga mahal.

“Beredarnya beras oplosan diketahui setelah konsumen akan memasak beras tersebut. Saat dicuci, ketahuan jelas berasnya kotor dan kusam,” katanya.

Taopik mengungkapkan, saat ini jumlah penjual beras yang ada di pasar Tradisional Pananjung berjumlah lima orang pedagang. Sayangnya, persediaan beras di kelima pedagang tersebut juga sedang minim.

Tatang, pedagang beras di Pasar Tradisional Pananjung, mengamini kenaikan harga beras yang mencapai sekitar 15 persen. Semula, harga beras, khususnya beras lokal, hanya berkisar Rp 8 ribu, dan sekarang harganya mencapai sekitar Rp. 11 ribu.

“Sedangkan harga beras luar Pangandaran bisa lebih dari harga beras lokal,” tegasnya.

Diakui Tatang, saat ini dia mengalami penurunan omset penjualan beras. Padahal biasanya, sebelum harga beras mahal, dalam sehari dia mampu menjual sekitar 2 ton beras. Sedangkan saat ini dia hanya bisa menjual sekitar 1,5 ton.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Perdagangan, Drs. Muklis, mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Pangandaran, untuk memantau ketersediaan dan harga beras di pasaran. (Ntang/Koran-HR)

- Advertisment -