Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita CiamisHati-Hati! Jurang di Jalur Ciamis Ini Kembali Amblas

Hati-Hati! Jurang di Jalur Ciamis Ini Kembali Amblas

Tebing atau jurang pada jalan penghubung Kecamatan Cijeungjing-Cimaragas kembali amblas. Warga terpaksa memasang pembatas di areal tersebut. Photo : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tebing atau jurang pada jalan yang menghubungkan Kecamatan Cijeungjing dan Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, tepatnya di wilayah Desa Bojongmengger, kembali amblas. Karena khawatir pengendara tidak mengetahui dan terperosok ke dalamnya, warga setempat terpaksa kembali memasang pembatas di areal itu, Jum`at (13/03/2015).

Hati-Hati! Jurang di Jalur Ciamis Ini Kembali Amblas

Warga yang enggan disebutkan namanya, Jum`at (13/03/2015), mengatakan, tingginya intensitas hujan beberapa waktu belakangan ini membuat kondisi tanah jurang atau tebing yang masih labih tersebut mengalami pengikisan.

“Kalau dibiarkan, lama-lama jalan ini (penghubung Cijeungjing-Cimaragas) bisa ikut amblas juga,” katanya.

Sumber yang sama bilang, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, warga kemudian memasang/ menanamkan batang kayu-kayuan, dengan tujuan agar tanah jurang itu tertahan dan tidak terus mengalami pengikisan.

Menanggapi hal itu, Ujang, pengendara asal Cimaragas, menuturkan, lokasi jalan penghubung antara Cijeungjing-Cimaragas ini memang terbilang berbahaya. Sebab daerah tersebut rawan mengalami pergeseran tanah.

“Akibat curah hujan yang cukup tinggi mengguyur daerah Ciamis, membuat tebing yang berada di Bojongmengger ini labil dan amblas. Dan kini kondisinya cukup membahayakan pengguna jalan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, seiring amblasnya tebing tersebut membuat pengguna jalan harus ekstra hati-hati apabila melintasi daerah tersebut. Bahkan, warga setempat terpaksa membuat penjagaan ekstra untuk mengatur lalu lintas. (Deni/R4/HR-Online)

- Advertisment -