Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita CiamisIni 10 Prioritas Rencana Pembangunan Kabupaten Ciamis Tahun 2016

Ini 10 Prioritas Rencana Pembangunan Kabupaten Ciamis Tahun 2016

Kepala Bappeda Ciamis, Drs. H. Kusdiana, MM., saat memaparkan agenda pembangunan Kabupaten Ciamis tahun 2016, pada Musrenbang RKPD, Selasa (10/3/2015), di Gedung Islamic Centre. Photo : Deni Supendi/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kabupaten Ciamis Jawa Barat memiliki sedikitnya sepuluh prioritas pembangunan di tahun 2016 mendatang. Hal itu terungkap pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Ciamis tahun 2016 yang digelar di Gedung Islamic Centre, Selasa (10/3/2015) lalu.

SONY DSC

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis, Drs. H. Kusdiana, MM., memaparkan kesepuluh prioritas tersebut. Diantaranya, meningkatkan Aksesbilitas dan Mutu Pelayanan Kesehatan; Meningkatkan Aksesbilitas dan Mutu Pendidikan; Pengembangan Pertanian, Kehutanan dan Perikanan; Pengembangan Pariwisata dan Dunia Usaha;

Selanjutnya; Penanggulangan Kemiskinan, Pengangguran dan Ketenagakerjaan; Pemberdayaan Masyarakat; Pengarusutamaan Gender serta Pemuda dan Olahraga; Penanggulangan Bencana dan Pengelolaan Lingkungan Hidup; Ketersediaan dan Kualitas Infrastruktur Wilayah; Meningkatkan Kinerja Aparatur dan Tata Kelola Pemeritahan Daerah; dan Pembangunan Perdesaan.

Kusdiana menuturkan, penyusunan RKPD dilakukan dengan menggunakan pendekatan teknokratis, partisipatif, politis, bottom-up dan top down. Menurut dia, keterpaduan antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan sangat diperlukan agar perencanaan pembangunan berjalan secara sinergi.

“Hal itu merujuk pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” katanya.

Lebih lanjut, Kusdiana menjelaskan, RKPD tahun 2016 merupakan perencanaan pembangunan daerah tahunan, sebagai penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Ciamis tahun 2014-2019, yang menetapkan visi “Maju Berkualitas Menuju Kemandirian Tahun 2019”.

Kusdiana juga mengungkapkan bahwa tahun 2016 dijadikan sebagai tahun infrastruktur, sehingga titik berat rencana pembangunan diarahkan guna meningkatkan infrastruktur di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis. Hal itu berkaitan juga dengan upaya meningkatkan perekonomian masyarakat dan pengentasan kemiskinan.

“Makanya, tema yang diusung pada kegiatan Musrenbang kali ini yaitu Peningkatan Perekonomian dan Pengentasan Kemiskinan Melalui Infrastruktur yang Berkualitas,” ucapnya.

Lebih lanjut Kusdiana menambahkan, proses Musrenbang RKPD ditempuh secara bertahap, mulai dari tingkat desa/ kelurahan yang dilaksanakan antara 5-13 Januari 2015, kemudian di tingkat kecamatan dilaksanakan antara 4-13 Februari 2015, kemudian Musrenbang Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilaksanakan pada tanggal 24-27 Februari 2015.

“Setelah itu, akan disusun rancangan akhir RKPD sebelum kemudian ditetapkan menjadi Peraturan Bupati Ciamis,” pungkasnya. (Deni/Koran-HR)

- Advertisment -