Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita BanjarKesejahteraan Lansia, BKL Perlu Perhatian Pemkot Banjar

Kesejahteraan Lansia, BKL Perlu Perhatian Pemkot Banjar

Foto: Ilustrasi net/Ist.

Foto: Ilustrasi net/Ist.
Foto: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL) perlu mendapat perhatian dari pemerintah, baik dari segi kualitas hidup lansia sendiri maupun kesehatan keluarganya, supaya kehidupan lansia di hari tua selalu sehat dan sejahtera.

Hal itu dikatakan Camat Pataruman, Moch. Dasuki Sholeh, SH., saat ditemui HR pekan lalu, di ruang kerjanya. Untuk itu, dirinya berharap kegiatan BKL Kecamatan Pataruman bisa lebih ditingkatkan lagi.

“Mencapai usia lanjut bukan berarti menjadi manusia terbuang, karena sebetulnya mereka pun mampu berkarya, mampu berjuang untuk mencapai kesejahteraan bersama, dan hidup sehat. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan rutin seperti senam bersama, pengajian maupun kegiatan kemasyarakatan lainnya, sehingga mereka bisa kompak dan tumbuhnya rasa kepedulian terhadap kesehatan keluarga lansia,” tuturnya.

Dasuki juga menyebutkan, bahwa angka harapan hidup menjadi salah satu indikator bagi kemajuan sebuah negara, sebab hal itu menunjukan tingkat kesehatan negara tersebut, yang di dalamnya termasuk angka harapan hidup para lansia.

Menurutnya, saat ini jumlah anggota kelompok BKL Kecamatan Pataruman sendiri sekitar 30 orang, dan diharapkan setiap minggunya ada kegiatan rutin yang dilakukan para lansia di kecamatan.

“Mungkin saja jumlahnya lebih dari itu. Karena, sasaran BKL yaitu setiap keluarga yang memiliki lansia dan keluarga yang seluruh anggotanya terdiri dari lanjut usia. Kami berharap semua lansia yang ada di wilayah Kecamatan Pataruman ini bisa bergabung dan aktif dalam kelompok BKL,” harapnya.

Sebab, tujuan dari BKL ini tiada lain guna meningkatkan kesejahteraan lansia, melalui kepedulian dan peran serta keluarga dalam mewujudkan lansia mandiri, produktif, bermanfaat bagi keluarganya maupun masyarakat, dan tentunya lansia yang bertaqwa.

Dasuki menambahkan, manfaat BKL untuk individu lansia sangat bermanfaat bagi kesehatannya, pemberdayaan ekonomi produktif, dan masih bisa berbuat kegiatan sosial. Sedangkan, bagi masyarakat yang terlibat aktif dalam kelompok di lingkungannya bisa menjadi konselor dan panutan di wilayah tempat tinggalnya.

“Lansia menjadi salah satu perhatian penting pihak pemerintah. Maka dari itu sudah sewajarnya lansia diperhatikan,” pungkas Dasuki. (Eva/Koran-HR)

- Advertisment -