Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarKetua MUI Banjar; Nikah Siri Rugikan Wanita & Keturunannya

Ketua MUI Banjar; Nikah Siri Rugikan Wanita & Keturunannya

Berita Banjar (harapanrakyat.com),-

Maraknya nikah siri ditanggapi serius oleh Ketua MUI Kota Banjar, KH. Ridwan Mansyur. Dirinya mengatakan, sebaiknya semua pernikahan dicatatkan secara legal, dan tidak hanya secara agama saja.

“Walaupun secara agama syah, namun pernikahan siri sebaiknya jangan dilakukan, karena hal itu bertentangan dengan Undang Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan. Kita ini kan hidup di negara yang beraturan, jadi dalam pernikahan kita ikuti saja aturan negara,” tegas Ridwan, saat ditemui HR, Selasa (17/03/2015).

Dirinya berharap kepada masyarakat, khususnya kaum hawa, supaya lebih paham dalam menyikapi nikah siri. Menurut Ridwan, nikah siri hanya akan merugikan wanita dan keturunanya, sebab tidak memiliki landasan hukum Negara. Sehingga, akan menyulitkan wanita ketika pernikahannya itu bermasalah, seperti pembagian harta gono-gini dan ahli waris anak.

Sementara itu, mantan Sekda Kota Banjar, drh. H. Yayat Supriatna, mengatakan, bahwa fenomena nikah siri tidak hanya terjadi di kalangan masyarakat umum saja, melainkan di kalangan PNS pun kini banyak yang melakukannya.

“Aturan agama wajib dipatuhi dan aturan negara pun wajib dihormati. Kemudian, PNS pun boleh nikah siri, tapi harus seizin istri,” ujarnya, sambil tersenyum.

Yayat menambahkan, sebaiknya PNS jangan melakukan nikah siri, sebab hal tersebut berpeluang mendorong terjadinya korupsi karena untuk memenuhi kebutuhan yang semakin melambung. (Hermanto/Koran-HR)