Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariManggis Asal Banjarsari Ciamis Tembus Pasar Hongkong dan Taiwan

Manggis Asal Banjarsari Ciamis Tembus Pasar Hongkong dan Taiwan

Proses packaging buah manggis asal Karyamukti, Banjarsari. Photo : Andri S Hamara/ HR

Manggis Asal Banjarsari Ciamis Tembus Pasar Hongkong dan Taiwan

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Kepala Desa Karyamukti, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Sudrajat Chandra (43), ketika dihubungi Koran HR Senin (23/2/2015) lalu, membenarkan, banyak petani di wilayahnya yang beralih menanam pohon manggis di kebunnya masing-masing. Para petani meyakini, perawatan tanaman buah manggus relatif mudah, dan penghasilan dari buah manggis sangat menggiurkan.

Sudrajat mengungkapkan, buah manggis asal Desa Karyamukti kini sudah mulai diekspor ke luar negeri, diantaranya ke Hongkong dan Taiwan. Dia juga menyayangkan apabila buah manggis asal Karyamukti masih diklaim buah manggis asal Tasik. [Baca juga: Petani di Banjarsari Ciamis Banyak yang Berlalih Menanam Manggis]

“Memang, ekportir buah manggis asal Karyamukti ini merupakan orang Tasik. Dia datang kesini dan membeli buah manggis langsung dari petani,” katanya.

Berkaitan dengan buah manggis kualitas ekspor, Sudrajat berharap, Pemerintah Kabupaten Ciamis membantu para petani manggis yang ada di wilayahnya, dengan berupa pembinaan agar para petani dapat meningkatkan produksi buah manggis.

“Termasuk juga soal tata cara mengekspor ataupun mengenalkan manggis Karyamukti kepada pihak eksportir,” katanya.

Sudrajat menambahkan, dalam dua minggu saja, produksi buah manggis kualitas super bisa mencapai empat truk. Melihat kondisi tersebut, para petani sudah semestinya mendapat perhatian serius dari Pemerintah Ciamis. (Andri/Koran-HR)

- Advertisment -