Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita BanjarPos Bappas Banjar Panen Perdana Kacang Tanah

Pos Bappas Banjar Panen Perdana Kacang Tanah

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pos Bappas Banjar, Jawa Barat, Selasa pagi tadi (31/03/2015), sekitar jam 09.00 WIB, melakukan panen kacang tanah di areal kebun Lapas Kota Banjar. Kacang tanah tersebut merupakan hasil dari pengelolaan pertanian mantan Warga Binaan Pemasyarakat (WBP).

Meski lahan pertanian tersebut tidak terlalu luas, namun hasilnya cukup memuaskan. Sekitar 500 kilogram kacang tanah berhasil dipanen. Kacang tanah yang ditanam merupakan kacang tanah organik, karena tidak dipupuk dengan menggunakan bahan kimia.

Kegiatan panen tersebut dihadiri oleh Kepala Bappas Garut, Angkeu, Bc.Ip., dan Kepala Lapas Kota Banjar, Drs. Dadang Sudrajat, MSi.

Menurut Koordinator Pos Bappas Banjar, Suratman, bahwa panen ini merupakan panen perdana, dan dirinya merasa bangga karena hasilnya sangat memuaskan. “Saya sangat bangga, karena ternyata panen perdana ini sangat memuaskan,” ujar Suratman, kepada HR Online, disela-sela kegiatan.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Lapas Kota Banjar, Drs. Dadang Sudrajat, Msi. Menurutnya, ini merupakan suatu kebanggaan bagi para mantan warga binaan. Selain itu, mereka pun nantinya akan dikembangkan dalam hal pertanian.

“Jika hasilnya memuaskan seperti ini, bukan tidak mungkin nantinya akan terus dikembangkan dalam hal pertanian, bukan hanya kacang tanah saja, namun tanaman seperti singkong, cabai, ketela, dan terong ungu akan terus dikembangkan,” kata Dadang.

Hasil panen kacang tanah separuhnya akan dijual ke pasar, dan sebagian lagi akan dikonsumsi warga binaan Lapas Banjar, serta mantan WBP yang mengelola pertanian tersebut. (Hermanto/R3/HR-Online)