Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariWaduh! Warga Sidaharja Lakbok Ciamis Memilih Berobat ke Jawa Tengah

Waduh! Warga Sidaharja Lakbok Ciamis Memilih Berobat ke Jawa Tengah

Ilustrasi Berobat. Foto: Ist/Net

Waduh! Warga Sidaharja Lakbok Ciamis Memilih Berobat ke Jawa Tengah

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis dan warga sekitar perbatasan berharap di wilayah itu terdapat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) berstatus DTP (Dengan Tempat Perawatan). Pasalnya, saat ini Puskesmas di wilayah tersebut masih berstatus Puskesmas Non DTP.  

Dari informasi yang berhasil dihimpun HR, warga di wilayah tersebut terpaksa pergi ke Puskesmas DTP yang ada di wilayah Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah, karena fasilitasnya lebih lengkap. Sedangkan untuk pergi ke RSUD Ciamis atau Kota Banjar, jaraknya dianggap terlalu jauh. Hal itu juga dikarenakan Puskesmas di wilayah Lakbok masih berstatus Non DTP.

Kepala Puskesmas Kecamatan Lakbok, Ujang Kohar, S.Kep, ketika ditemui HR, Senin (09/03/2015), mengatakan, karena alasan status Non DTP, mayoritas warga Sidaharja yang ingin berobat-inap lebih memilih pergi ke Jawa Tengah.

“Bagi warga yang (sakit) kategori gawat, mereka lebih memilih kesana (Puskesmas Wanareja). Tempatnya dekat karena tinggal menyebrang sungai dengan menggunakan perahu saja. Selain itu, fasilitas disana juga lebih lengkap,” katanya.

Sugiono, warga Sidaharja, ketika dimintai tanggapan, mengau berharap agar Puskesmas Lakbok meningkatkan status menjadi Puskesmas DTP. Dengan begitu, warga yang sakit tidak lagi harus pergi menyebrang sungai ke Jawa Tengah untuk mendapat perawatan. (Andri/Koran-HR)

- Advertisment -