Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita BanjarDana Desa untuk Kota Banjar Ditambah Rp.2,4 Miliar

Dana Desa untuk Kota Banjar Ditambah Rp.2,4 Miliar

Photo ilustrasi dana desa.

dana-desa

 

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dana Desa untuk Kota Banjar, Jawa Barat, yang bersumber dari APBN bertambah Rp.2,4 miliar. Sebelumnya, Dana Desa untuk 16 desa yang ada di Kota Banjar ini hanya sebesar Rp.3,2 miliar.

Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Kesatuan Bangsa dan Politik (PMPDKBPol) Kota Banjar, Wawan Gunawan, SP., M.Si., mengatakan, dengan adanya tambahan Rp.2,4 miliar, maka total Dana Desa yang akan diterima dari APBN menjadi Rp.5,6 miliar.

“Penambahan dana tersebut seiring keluarnya PP Nomor 22 Tahun 2015 atas Perubahan PP Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa,” kata Wawan, kepada harapanrakyat.com, Rabu (13/05/2015).

Dia menjelaskan, berdasarkan PP 22/2015, sehingga dengan dana yang diterima Kota Banjar Rp.5,6 miliar itu dibagi rata 90 persennya adalah sebesar Rp.5,04 miliar. Jadi, untuk 16 desa masing-masing mendapat alokasi sebesar Rp.315 juta.

“Kalau ditambah dengan sisa dana 10 persen sebesar 560 juta rupiah yang alokasinya diatur dengan indikator yang ditetapkan, maka setiap desa bisa mendapat Dana Desa berkisar antara 327 juta hingga 350 juta rupiah,”paparnya.

Menurut Wawan, indikator untuk pembagian 10 persen adalah berdasarkan kondisi jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah dan tingkat kesulitan geografis.

Pembagian berdasarkan indikator itu, desa yang akan mendapat dana terbesar yaitu Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari. Namun, selisih perbedaannya dengan desa lain tidak terlalu jomblang dibanding perhitungan sebelum PP 22 terbit.

Tambahan dana desa sebesar itu pun masih belum jelas, lantaran yang lebih tahu secara pastinya pihak DPKAD. “Keluar nominal pastinya ya di situ,” pungkas Wawan. (Nanks/R3/HR-Online)