Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarDi Banjar, Tronton Bermuatan Triplek Terguling

Di Banjar, Tronton Bermuatan Triplek Terguling

Diduga rem blong dan kelebihan muatan, truck tronton bermuatan triplek terguling di tikungan Cibuluh, Dusun Warungbuah, Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Selasa (12/05/2015). Photo: Hermanto/HR.

Truck terguling

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Diduga rem blong dan kelebihan muatan, truck tronton bermuatan triplek terguling dan menimpa kios bensin. Kecelakaan tunggal itu terjadi di tikungan Cibuluh, Dusun Warungbuah, Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, pada Selasa siang (12/05/2015), sekitar jam 11.00 WIB.

Truck tronton bernopol B 9634 BYW terguling dan menutup separuh Jalan Cimaragas. Pantauan HR di lapangan, mobil pengangkut triplek itu dalam kondisi terbalik ke arah kanan. Bagian kaca jendela sebelah kanan pecah dan per belakang patah. Akibatnya, sebagian muatan berupa kayu vinil bahan triplek tumpah hingga menimpa sebuah kios bensin yang ada di lokasi tersebut.

Sopir truck, Agus Irpan (35), warga Desa Ancol, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, menuturkan, mobil yang dikemudikannya itu hendak mengirimkan bahan triplek yang diproduksi pabrik kayu PT. BKS di Kota Banjar.

Truck melaju dari arah Cimaragas menuju ke arah Kota Banjar, namun saat melintas di tikungan yang cukup tajam, tepatnya di Cibuluh, tiba-tiba mobil tidak mampu dikendalikan.

“Saat menginjak rem, ternyata remnya tidak berfungsi, akhirnya mobil pun terguling. Padahal sebelum berangkat rem sudah diperbaiki dulu. Tapi ketika di jalan, ternyata malah tidak berfungsi,” tutur Agus, kepada HR, saat ditemui di lokasi kejadian.

Suherman, pemilik kios bensin, mengatakan, sebelum terguling, mobil truck tersebut melaju dengan kecepatan sedang. Namun, entah kenapa tiba-tiba mobil terguling dan menimpa kios bensin miliknya.

“Tentu saja saya kaget, karena tiba-tiba truck terguling dan muatannya tumpah hingga menimpa kios bensin. Akibat dari kejadian ini, kios bensin milik saya ini rusak parah, kerugian diperkirakan mencapai 6 juta rupiah,” kata Suherman.

Di tempat terpisah, Kanit. Laka Lantas Polrest Banjar, Ipda. Didi Sukardi, mengatakan, pihaknya kini masih menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan tunggal tersebut.

Sementara itu, arus lalu-lintas di Jalan Cimaragas, tepatnya di tikungan Cibuluh, mengalami kemacetan. Selain jalannya sempit, juga ruas jalan yang bisa dilewati kendaraan dari arah Kota Banjar maupun arah sebaliknya hanya satu jalur.

Namun, kemacetan kendaraan masih bisa diatasi setelah adanya petugas polisi dari Polsek Banjar, serta beberapa anggota Satlantas Polresta Banjar, yakni dengan pengaturan buka tutup untuk kendaraan yang melintas dari dua arah tersebut. (Hermanto/R3/HR-Online)