Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarKinerja Desa Kujangsari Banjar Dinilai Tim Provinsi Jabar

Kinerja Desa Kujangsari Banjar Dinilai Tim Provinsi Jabar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Tim penilai Lomba Desa Tingkat Povinsi Jawa Barat, mengunjungi Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, guna melakukan penilaian terhadap kinerja pembangunan masyarakat dan Pemerintahan Desa Kujangsari, yang mewakili Kota Banjar pada Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Jawa Barat Tahun 2015, Rabu (20/05/2015).

Ketua tim yang juga Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat, Drs. Dede Rusdia, M.AP., mengatakan, lomba tersebut merupakan suatu bentuk kedepan untuk desa membangun, dimana setiap tahun pihaknya mengadakan lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Kami datang secara tim untuk bersama-sama memotret hasil pembangunan sebuah desa dan kelurahan dalam setahun di wilayah Jabar. Termasuk apa yang menjadi unggulannya. Sehingga, didapatkan desa dan kelurahan yang bisa mewakili Jawa Barat di tingkat nasional,” kata Dede, kepada harapanrakyat.com, saat ditemui usai acara.

Adapun indikator penilaian dalam lomba tersebut diantarnaya, pendidikan masyarakat, kesehatan, ekonomi, keamanan dan ketertiban, pemerintahan, partisipasi masyarakat, kelembagaan masyarakat, serta PKK.

Menurut Dede, untuk Desa Kujangsari, melihat eksposenya terbilang bagus, lantaran sudah mampu menunjukan apa yang menjadi kebutuhan dari penilaian pihaknya, yakni dengan keberhasilan pembangunan yang telah dilaksanakan di desa tersebut.

“Keberhasilan pembangunan dan kelengkapan ekspose telah ditunjukannya. Namun, itu pun harus dipertaruhkan dengan desa/kelurahan di kota dan kabupaten lainnya guna menjadi juara provinsi. Bahkan, jika mampu juara provinsi, kembali harus mampu dipertaruhkan sampai nasional,” jelasnya.

Untuk menjadi juara, Desa Kujangsari harus melebihi kelengkapan dan keberhasilan yang ditunjukan 54 desa/kelurahan dari 27 kabupaten/kota di Jabar, yang sama-sama sedang dilakukan penilaian.

Kepala Desa Kujangsari, Siti Aisah, mengatakan, juara bukan merupakan tujuan akhir pihaknya, tapi bagaimana kegiatan ini dapat memberi manfaat besar bagi Desa Kujangsari, dalam upaya mendorong dan menggalakan peran aktif masyarakat. Termasuk kinerja pemdes dan lembaga desa dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat. (Nanks/R3/HR-Online)