Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita BanjarAsda I Setda Banjar Minta LPM Implementasikan UU Desa

Asda I Setda Banjar Minta LPM Implementasikan UU Desa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setelah sempat gagal melakukan pemilihan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Langensari, pada beberapa hari lalu, akibat adanya sejumlah warga yang memprotes agar ditunda dulu, akhirnya pada hari Selasa (09/06/2015), pemilihan tersebut dapat digelar dengan lancar.

Sedikitnya, 70 orang warga perwakilan dari setiap dusun, menggelar hajatan demokrasi untuk pemilihan Ketua LPM Desa Langensari, bertempat di Aula Desa, yang dihadiri Asda I Bidang Pemerintahan Setda Kota Banjar, Ujang Endin, dan Sutopo, Anggota DPRD Kota Banjar dapil Langensari, yang juga merupakan warga setempat. Kemudian, Camat Langensari, Asno Sutarno, SP., MP, Kepala Desa Langensari, Yanti, serta pengamanan dari Babinsa dan Babinmas.

Asda I Bidang Pemerintahan, Ujang Ending, berharap, ketua terpilih bisa bekerja lebih baik lagi untuk kepentingan masyarakat Desa Langensari. Terlebih sekarang ini harus mampu menyesuaikan dengan UU Desa.

“Ketua dan pengurus LPM sebelumnya sudah bagus, dan untuk kedepannya bisa lebih baik lagi. Kita juga minta agar Ketua LPM terpilih bersama pengurusnya memiiliki terobosan, serta pemikiran dalam memajukan lingkungannya,” harap Ujang.

Selain itu, pengurus LPM yang baru juga harus bisa berorientasi lebih luas lagi, dan mengimplementasikan UU Desa untuk pembangunan lingkungan. Menurut Ujang, LPM bisa sama-sama membantu menyelesaikan penyusunan APBDes guna merealisasikan pencairan ADD.

“Karena sampai saat ini baru ada beberapa desa saja yang sudah menyelesaikannya, dan sudah di meja pemerintah kota untuk proses evaluasi,” kata Ujang.

Anggota DPRD, Sutopo, juga menyampaikan harapan yang sama, agar ketua dan pengurus LPM terpilih bisa bekerjasama dalam swadaya masyarakat di dalam pembangunan. “Jalin kebersamaan dan bangun kondusifitas demi kemajuan desa ini,” harap Sutopo.

Sadili, Ketua LPM terpilih, dalam sambutannya, mengatakan, jabatan yang diembannya adalah amanah. Sehingga, perlu adanya dukungan dan komitmen bersama-sama. Karena, melalui kerjasama dan komunikasi yang baik, maka amanah tersebut dapat dilaksanakan.

“Tanpa semua itu, rasanya akan sulit bagi saya untuk mencapai apa yang menjadi keinginan masyarakat. Karena, selain membangun kerjasama dengan warga, saya juga akan menjalin kerjasama dengan pemerintah kota, seperti lurah dan camat,” kata Sadili. (Nanks/R3/Koran-HR)