Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita BanjarHingga Awal Juni, Banyak Desa di Banjar Belum Rampungkan APBDes

Hingga Awal Juni, Banyak Desa di Banjar Belum Rampungkan APBDes

Photo ilustrasi ist.net.

ilusapbdes

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Hingga awal Juni 2015 ini, di Kota Banjar, Jawa Barat, masih banyak pemerintah desa (pemdes) yang belum menyelesaikan penyusunan APBDes, maupun RPJMDes dan RKPDes. Akibatnya, dana desa pun belum bisa dicairan.

Sekretaris Kecamatan Langensari, Dedi Suryadi, S.STP., saat ditemui harapanrakyat.com, usai mengikuti rapat koordinasi kepala desa/lurah, dan Camat se-Kota Banjar, pada hari Jum’at (05/06/2015), di Setda Kota Banjar, mengebutkan, bahwa hasil penyampaian rakor, dari 16 desa di Banjar, baru ada 6 desa yang sudah menyelesaikan APBDes.

“Keadaan demikian menjadikan sampai pertengahan tahun 2015 ini, dana desa belum bisa dicairkan. Bahkan, bagi 6 desa yang sudah merampungkan pun belum dapat mencairkannya,” ujarnya.

Dedi juga mengatakan, pemerintah kota ingin pencairan dana tersebut dilakukan secara bersama-sama oleh semua desa. Pada saat rakor, 10 desa didesak harus bisa menyelesaikan dalam jangka waktu satu minggu kedepan.

Kepala Seksi Pemerintahan Desa Kantor PMPDKBPol Kota Banjar, Krisdianto, ketika dikonfirmasi via telepon selularnya, Sabtu (06/06/2015), membenarkan mengenai hal itu, dan pihaknya terus membantu terhadap desa yang belum merampungkan APBDes.

“Sekarang desa yang belum menyelesaikan sedang mempercepat pengerjaannya. Bahkan, kami sedang melakukan kegiatan fasilitasi percepatan penyusunan APBDes kepada desa yang masih menyusun, yakni sampai “ngalembur” dari pagi hingga malam, tempatnya di Desa Jajawar,” tuturnya.

Pengerjaan tersebut akan dikebut dari Sabtu pagi hingga malam Senin, yakni memanfaatkan hari libur. Jika ada desa yang belum selesai, tentu harus dilanjutkan sampai malam berikutnya. Namun, untuk hari kerja hanya waktu malam saja sepulang jam kantor.

“Semoga saja secepatnya semua desa mampu merampungkan. Pasalnya, jelas itu syarat pemenuhan dalam pencairan dana desa, dan memang dituntut APBDes selesai pada bulan Juni ini,” tandas Krisdianto.

Sementara itu, Kepala Desa Balokang, H. Oding Homsin, mengaku, pihaknya sudah menyelesaikan penyusunan APBDes sejak satu minggu lalu, dan telah diserahkan kepada instansi terkait.

“Alhamdulillah, kalau kami telah selesai. Untuk desa yang belum, ya berharap segera menuntaskanya. Kita siap membantu agar bisa sama-sama melakukan pencairan,” harap Oding. (Nanks/R3/HR-Online)