Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BanjarTahun ini, Desa Mekarharja Banjar Genjot Pembangunan Infrastruktur

Tahun ini, Desa Mekarharja Banjar Genjot Pembangunan Infrastruktur

Kepala Desa Mekarharja, Kec. Purwaharja, Kota Banjar, Saptono. Photo: Abdulloh Muchlis/HR.

1

 

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah kegiatan pembangunan infrastruktur akan digenjot habis oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarharja, Kec. Purwaharja, kota Banjar, pada tahun anggaran 2015.

Pembangunan infrastruktur itu diantaranya, pemeliharaan jalan sepanjang 400 meter, pembangunan kirmir sepanjang 350 meter, pembangunan jalan kip sepanjang 120 meter, yang tersebar di tiga dusun seperti di dusun Cibentang, Pasirleutik dan Randegan.

Kepala Desa Mekarharja, Saptono, juga menjelaskan pihaknya akan melaksanakan pembangunan pemberdayaan dan penguatan ekonomi perdesaan, berupa penambahan modal BUMDes. Untuk di bidang sosial, pihak Pemdes akan melaksanakan pemberian santunan kesehatan bagi warga miskin.

“Meski sebagian warga miskin sudah memiliki kartu Jamkesda, tapi itu kan hanya biaya pengobatan rumah sakit saja, tapi untuk biaya transportasi, dan makan selama pasien dirawat tidak termasuk dalam Jamkesda. Makanya kami akan menganggarkan untuk hal itu,” jelasnya kepada HR, Senin, (25/05/2015).

Anggaran tersebut juga, tambah Saptono, akan dialokasikan bagi warga miskin yang belum mempunyai Jamkesda atau KSM.

Dibidang sosial, pihak Pemdes Mekarharja akan mengalokasikan bantuan sarana dan prasarana tempat ibadah, seperti pemeliharaan mesjid. “Guru mengaji dan guru diniyah bagi 12 DKM akan diberikan dana operasional,” tambahnya.

Untuk bidang keagamaan, pihaknya kata Saptono, telah bekerjasama dengan MUI desa, dengan mengusung program pengajian rutin bulanan atau mingguan. “Itu dilaksanakan setiap minggu ke satu pada hari jum’at, sedangkan untuk ibu-ibu pada minggu ke 3 pada hari kamis,” tukasnya. (AM/R1/Koran-HR)