Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita BanjarWaduh! 45 Tower Seluler di Banjar Belum Bayar Retribusi

Waduh! 45 Tower Seluler di Banjar Belum Bayar Retribusi

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Banjar mencatat dari sebanyak 61 menara atau tower telekomunikasi seluler yang berdiri di Kota Banjar, masih banyak yang menunda pembayaran retribusi menara BTS.

Hal itu dikatakan Kabid Kominfo Dishubkominfar Kota Banjar, Dede Permana, kepada HR Online, Jum’at (10/07/2015). “Sampai Juli 2015 ini, dari 61 tower yang eksiting di Kota Banjar, baru 16 yang sudah membayar retribusi. Sementara 45 tower lainnya masih nunggak,” ucapnya.

Artinya, imbuh dia, 16 unit tower tersebutlah yang sudah keluar nomor registrasinya sebagaimana telah melakukan pembayaran retribusi atau pajak.

“Dari pembayaran retribusi perusahaan provider 16 menara tersebut, kami menerima PAD mencapai Rp.62 juta. Bilamana semuanya atau 61 menara dapat melakukan kewajiban pembayaran, insyaalah sampai akhir 2015 bisa terealisasi mencapai sekitar Rp.140 juta,” tuturnya.

Menurutnya, ketentuan tarif retribusi yang menjadi kewajiban perusahaan provider tersebut dikenakan sebesar 2% dari Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP). Hal itu sesuai Perda Kota Banjar No.20 Tahun 2013 Tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi dan Perwal Kota Banjar No.16 Tahun 2014 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda No.20 Tahun 2013.

“Upaya memenuhi realisasi itu, kami telah melakukan berbagai upaya penagihan seperti menyurati perusahaan. Tujuannya tentu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sehingga target PAD yang ditetapkan bisa tercapai,” tandas Dede.

Bilamana melanggar, kata dia, perusahaan akan mendapat sanksi ancaman pidana hukuman tiga bulan penjara atau membayar denda paling banyak tiga kali lipat dari retribusi yang terhutang,” tukasnya. (Nanks/R2/HR-Online)

- Advertisment -